09 December 2019, 08:15 WIB

Marin, PM Termuda Sepanjang Sejarah Finlandia


Basuki Eka Purnama | Internasional

Instagram @sannamarin
 Instagram @sannamarin
Sanna Marin

PARTAI Sosial Demokrat Finlandia memilih mantan Menteri Transportasi berusia 34 tahun Sanna Marin sebagai perdana menteri, Minggu (8/12). Hal itu menjadikan Marin sebagai PM termuda sepanjang sejarah negara Eropa itu.

Marin menang tipis dalam voting pada Minggu (8/12) untuk menggantikan pemimpin Partai Sosial Demokrat Antti Rinne yang mengundurkan diri pada Selasa (3/12) setelah kehilangan kepercayaan dari partai koalisi Partai Tengah dalam menghadapi pemogokan pegawai pos.

"Kami memiliki kerja berat untuk membangun kembali kepercayaan," ujar Marin, Minggu (8/12) malam.

"Saya tidak pernah memikirkan usia maupun gender saya. Saya rasa siakp politik sayalah yang menyebabkan saya dipercaya oleh para pemilih," imbuhnya.

Di usia 34 tahun, Marin juga merupakan salah satu pemimpin negara termuda di dunia, lebih muda dari Perdana Menteri Ukraina Oleksiy Honcharuk yang kini berusia 35 tahun.

Baca juga: Perempuan Berperan Ikut Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca

Mantan PM Finlandia Antti Remi telah memimpin koalisi lima partai sejak Juni dan penunjukkan Marin disebut tidak akan membuat perubahan signifikan terhadap kebijakan Partai Sosial Demokrat.

"Kita memiliki program pemerintahan bersama yang telah sama-sama kita sepakati," ujar Marin.

Partai Sosial Demokrat memenangkan pemilu legislatif pada April lalu berdasarkan janji mengakhhiri kebijakan ekonomi penghematan yang dilakukan Partai Tengah untuk mengeluarkan Finlandia dari resesi.

Rinne mengundurkan diri setelah beberapa pekan krisis politik terkait rencana pemotongan gaji sekitar 700 pekerja pos.

Parlemen dijadwalkan mengambil sumpah Marin pada Selasa (10/12). (AFP/OL-2)

 

BERITA TERKAIT