09 December 2019, 07:30 WIB

Target Terlampaui, Indonesia Bidik 76 Emas


Budi Ernanto | Olahraga

2019seagames.com/NRC/L-1
 2019seagames.com/NRC/L-1
Perolehan Sementara Medali SEA Games 2019

KONTINGEN Indonesia terus menggemukkan pundi-pundi medali di hari ke-8 SEA Games 2019 Filipina, kemarin. Meski tak mungkin lagi menjadi juara umum, mereka sukses melampaui target perolehan emas yang dipatok sebelumnya.

Sebelum bertolak ke Filipina, Kontingen ‘Merah Putih’ diberi target bi­­sa membawa pulang setidaknya 60 emas oleh Presiden Jokowi Widodo. Di lain sisi, Menpora dan Komite Olimpia­de Indonesia (KOI) awalnya menargetkan 45 emas, kemudian berubah menjadi 54 keping.

Namun, para atlet berhasil melewati target itu. Hingga kemarin, mereka sudah mendekati perolehan 70 emas untuk bertengger di posisi kedua di bawah tuan rumah yang dipastikan akan menjadi juara umum.

Sebanyak 15 medali emas didulang para atlet Indonesia, kemarin. Medali terbaik itu antara lain diraih dari catur kilat putra melalui grand master Susanto Megaranto dan pecatur putri Me­dina Warda Aulia.

Maria Londa juga menyabet gelar juara di nomor lompat jauh putri. Kegemilangan dicatatkan pula oleh para atlet di cabang dayung yang kemarin menambah 6 medali emas sehingga total mengoleksi 10 dari target sebelumnya 5 emas.

Setelah sukses melampaui target, Indonesia kini membidik 76 medali emas. Komandan Kon­tingen Indonesia, Harry Warganegara, pun optimistis target baru itu bisa dipenuhi dalam tiga hari tersisa. “Alhamdulillah untuk hasil yang dicapai atlet kita sampai dengan hari ini. Mohon doanya agar atlet kita semua bisa on fire dan senantiasa sehat. Kita kejar medali di level 76 keping emas,” tandasnya di Manila.

Keberhasilan Indonesia melampaui target juga disambut gembira Jokowi. ‘’Presiden sangat senang. Terima ka­sih atas perjuangan atlet-atlet yang telah memberikan kebanggaan bagi seluruh rakyat Indonesia. Semangat luar biasa ini merupakan semangat untuk Indonesia Maju,” kata juru bicara Presiden, Fadjroel Rachman, di Jakarta.

Menpora Zainudin Amali mengapresiasi pula perjuangan kontingen. “Saya kan sudah perkirakan. Alhamdulillah jadi melebihi target menpora, target NOC (KOI), dan target cabor. Para atlet sungguh luar biasa.’’

Sukses Indonesia melewati target akan lebih berarti jika skuad ‘Garuda Muda’ berhasil menyabet emas dengan mengalahkan kesebelasan Vietnam di final besok. Apalagi, timnas Indonesia terakhir kali juara SEA Games pada 1991 lalu di Manila, Filipina. (Des/Ykb/X-8)

 

BERITA TERKAIT