09 December 2019, 00:30 WIB

Setan Merah Lanjutkan Kebangkitan


AFP/Marca/Footballitalia/Ykb/X-8 | Sepak Bola

Lindsey Parnaby / AFP
 Lindsey Parnaby / AFP
Manchester City vs Manchester United

MANCHESTER United kembali meraup hasil positif kebangkitan mereka. Setelah menghajar Tottenham Hotspur, mereka mempermalukan tuan rumah Manchester City 2-1 pa-da lanjutan Liga Primer Inggris di Stadion Etihad, kemarin.

Meski berstatus tamu, pasukan Ole Gunnar Solskjaer bermain agresif untuk menciptakan peluang demi peluang. Upaya mereka pun tak sia-sia. Pada menit 23, MU mendapat hadiah penalti setelah Marcus Rashford dilanggar Bernardo Silva. Sebagai algojo, Rashford sukses mela-kukan eksekusi.

Hanya berselang 6 menit, ‘Setan Merah’ menggandakan keunggul­an. Umpan Daniel James diakhiri tembakan keras Martial ke gawang Ederson.

Karena tak ingin dipecundangi di kandang, City bangkit di babak kedua. Namun, serangan mereka baru membuahkan hasil melalui gol Nicolas Otamendi di menit ke-85.

Solskjaer yang sempat terancam dipecat mengatakan permainan timnya luar biasa sejak menit-menit awal. Bahkan, ia mengklaim seha­rusnya Rashford dan kawan-kawan bisa unggul lima gol. “Kami bermain sangat baik. Kami memainkan tim terbaik di dunia, untuk saya, dan juga pelatih terbaik,” ujarnya.

“Kami percaya pada apa yang kami lakukan. Hasilnya akan mengubah orang yang ragu menjadi percaya,” tambah Solskjaer.

Dua kemenangan beruntun atas Tottenham dan City tentu membangkitkan kepercayaan fan MU terhadap Solskjaer. Kemenangan kali ini pun membawa MU naik ke peringkat kelima klasemen dengan 24 poin.

Sebaliknya, City kian sulit mengejar tim pemuncak, Liverpool. Mereka tertahan di posisi ketiga dengan 32 angka, tertinggal 14 poin dari ‘si Merah’.

Dari Liga Spanyol, megabintang yang baru saja menyabet Ballon d’Or, Lionel Messi, mencatatkan trigol untuk memenangkan Barcelona 5-2 atas Mallorca. Dua gol lainnya disumbangkan Antoine Griezmann dan Luis Suarez.

Messi kini mengukir 35 kali hattrick di Liga Spanyol sekaligus mengukir sejarah baru. Jumlah itu mengalahkan sang rival, Cristiano Ronaldo, yang 34 kali mencetak trigol.

Sementara itu, Juventus gagal mengambil alih kepemimpinan klasemen Liga Italia Seri A setelah tersungkur di kandang Lazio, 1-3. ‘Si Nyonya Tua’ sebenarnya unggul lebih dulu berkat aksi Cristiano Ronaldo di menit ke-45, tetapi Lazio membalasnya dengan tiga gol lewat Luiz Felipe (‘45+1), Sergei Milinkovic-Savic (74’), dan Felipe Caicedo (90+5’).

Juve kini mengemas 36 angka dari 15 laga. Mereka terpaut tiga poin dari Inter. (AFP/Marca/Footballitalia/Ykb/X-8)

BERITA TERKAIT