08 December 2019, 22:08 WIB

Kesadaran Masyarakat akan Kesehatan Jantung Perlu Dibangun


Mediaindonesia.com | Humaniora

DALAM rangka memperingati Hari Kesehatan Kedutaan Besar Malaysia yang jatuh pada tanggal 7 Desember 2019, rumah sakit jantung terbesar di Malaysia, Institut Jantung Negara (IJN), menyelenggarakan tes ekokardiografi atau tes kesehatan jantung gratis dan terbuka untuk umum di Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta.

Chief Operating Officer IJN Akmal Arief menyatakan, penyelenggaraan tes ekokardiografi sejalan dengan misi Kedubes Malaysia untuk Indonesia yakni untuk membangun kesadaran masyarakat Indonesia akan kesehatan jantung.

"Kami bangga dapat berkolaborasi dengan Kedubes Malaysia di Indonesia untuk membangun kesadaran masyarakat Indonesia akan kesehatan jantung," ujar Akmal dalam keterangan pers yang diterima Media Indonesia, Minggu (8/12).

Baca juga: Enam Penderita HIV/AIDS di Bangka Tengah Meninggal Dunia

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, penyakit kardiovaskuler, termasuk jantung dan stroke, merupakan penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Bahkan, masih didasari survey yang sama, 15 dari 1.000 penduduk Indonesia menderita penyakit jantung.

Prevalensi penyakit jantung yang diderita masyarakat Indonesia pun tercermin dari data jumlah pasien Indonesia yang berobat di IJN, yang notabene menjadi pasien asing terbanyak.

Akmal mengungkapkan, pihaknya melayani rata-rata 20-30 pasien asal Indonesia setiap harinya.

"Kami menawarkan berbagai keunggulan. Selain harga sangat kompetitif bila dibandingkan rumah sakit sejenis di kawasan Negeri Jiran, kami pun telah bekerjasama dengan banyak asuransi di Indonesia sehingga memudahkan pasien untuk mengurus administrasi pembayaran," paparnya.

Sementara itu, Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Datuk Zainal Abidin Bakar menyampaikan apresiasinya atas dukungan IJN dalam menyukseskan Hari Kesehatan Kedubes Malaysia dengan menghadirkan layanan tes kardiografi gratis dan terbuka untuk umum.

"Tentunya, ini (tes kardiografi) juga menjadi salah satu bentuk cara untuk memperkuat hubungan antar kedua negara," tukasnya. (RO/A-5)

BERITA TERKAIT