08 December 2019, 22:00 WIB

Enam Penderita HIV/AIDS di Bangka Tengah Meninggal Dunia


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah
 ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah
Peserta aksi memegang poster saat mengikuti aksi peringatan Hari Aids sedunia.

SEBANYAK enam penderita HIV/AIDS di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dinyatakan meninggal dunia dan
sebanyak 29 orang sudah tertular.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, dr Bahrun R Siregar, di Koba, Minggu (8/12), mengatakan, dalam kurun tiga tahun terakhir menemukan 35 kasus HIV/AIDS dan enam penderita dinyatakan meninggal dunia.

"Dari 35 kasus itu, sebanyak enam orang meninggal dunia dan 29 orang dalam kondisi tertular," ujarnya.

Ia menyatakan, setiap tahun kasus HIV/AIDS terus meningkat dan kondisi tersebut bagaikan fenomena gunung es yang tidak begitu tampak ke permukaan.

"Kasusnya seperti fenomena gunung es, di mana kasus yang ditemukan lebih sedikit dibanding dengan kenyataan yang ada di lapangan,"
ujarnya.


Baca juga: Banyak Terjadi Kecelakaan, Pengelola Tol Cipali Diminta Tegas


Ia mengatakan, pencegahan HIV/AIDS harus ada upaya bersama mulai dari pemangku kepentingan melalui kebijakan hingga peran penting para
tokoh masyarakat.  

"Sebenarnya kasus ini cukup mengkhawatirkan, tetapi persoalannya ada sebagian penderita menutup-nutupinya karena dianggap suatu hal yang tabu," ujarnya.

Justru karena kondisi itu, pihaknya terus menggencarkan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait pencegahan penyakit mematikan itu.

"Penderitanya tidak memandang usia, siapa pun bisa terserang dan ini sangat berbahaya sehingga perlu upaya yang serius dalam mengatasinya," pungkas Bahrun. (Ant/OL-1)

 

BERITA TERKAIT