08 December 2019, 20:20 WIB

Indonesia Kejar 76 Medali Emas di SEA Games


Budi Ernanto | Olahraga

KOMANDAN Kontingen (CdM) Indonesia Harry Warganegara mengaku gembira dengan pencapaian kontingen 'Merah Putih' yang telah mengoleksi 66 medali emas.

"Alhamdulillah untuk hasil yang dicapai atlet kita sampai dengan hari ini. Mohon doanya agar atlet kita semua bisa on fire dan senantiasa sehat. Kita kejar medali di level 76 keping emas," kata Harry kepada Media Indonesia, Minggu (8/12).

Baca juga:Menpora Optimistis Bisa Penuhi Target dari Presiden di SEA Games

Hingga berita ini diturunkan, tuan rumah Filipina masih bertahan di puncak klasemen perolehan medali dengan 107 emas disusul Indonesia dengan 66 medali emas. Vietnam dan Thailand masing-masing berada di peringkat tiga (65) dan empat (58).

Sementara itu, medali emas lompat jauh SEA Games 2019 kemungkinan menjadi capaian terakhir Maria Natalia Londa di pesta olahraga se-Asia Tenggara itu setelah berkarier hampir 20 tahun di atletik.
 
Dengan lompatan sejauh 6,47 m, atlet berusia 29 tahun itu menyingkirkan Parinya Chuaimaroeng asal Thailand ke peringkat dua. Catatan terbaik Maria hari itu diciptakan di percobaan keenam, sementara sang rival terdekat hanya mampu mencatatkan hasil terbaiknya yaitu 6,23 m di lompatan kelima.   

Mong Mo Vu Thi dari Vietnam berhak atas medali perunggu setelah melompat sejauh 6,16 m.

"Setelah saya hitung ini SEA Games ke-6 dan medali ke-12. Sepertinya ini menjadi penutup tapi bagaimana nanti dari PB PASI. Kalau untuk mendampingi atlet junior saya mungkin bisa bertahan, hanya tidak akan lama," kata Maria usai dikalungi medali emas. (Beo/Ant/A-5)

BERITA TERKAIT