08 December 2019, 16:30 WIB

Jelang Nataru, Anies Jamin Pasokan Pangan Aman


Sri Utami | Megapolitan

ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
 ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Ilustrasi sidak stok pangan di pasar wilayah Tangerang

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menjamin stok pangan di ibu kota jelang Natal dan Tahun Baru, aman. Hal tersebut dengan melakukan dua pendekatan, salah satunya menyiapkan suplai yang dikerjakan BUMD.

"Alhamdulillah pasokan terjamin dan kami membagi pendekatan menjadi dua, menyiapkan suplai yang dikerjakan BUMD PD Pasar Jaya, Sarana Jaya dan juga Cipinang Food Station, tiga ini bertanggung jawab atas suplai," kata Anies, Minggu (8/12).

Pendekatan selanjutnya, sambung Anies, DKI memiliki dinas yang bertanggung jawab mengantisipasi kebutuhan dan mendeteksi wilayah dan macam kebutuhan.

"Ini sudah kita jalankan dua tahun terakhir, dengan cara seperti itu maka pembagian tugasnya jelas. SKPD fokus ke demand, BUMD fokus suplai," imbuhnya.

Cara tersebut, lanjut Anies, berhasil diterapkan pada bulan Ramadan sebelumnya, sehingga tidak terjadi onjakan harga.

"Begitu juga Lebaran, Tahun Baru, InsyaAllah tahun ini juga pasokan aman," tuturnya.

Baca juga: Stok Pangan di Flotim dan Lembata Cukup hingga Tahun Baru

Sementara itu, terkait dengan kesiapan menghadapi banjir, mantan Menteri Pendidikan mengintruksikan seluruh wali kota melakukan inspeksi di semua kawasan.

"Seluruh wali kota memimpin inspeksi di semua kawasan memastikan saluran air di kawasan mereka bebas dari sampah," ujarnya.

Ia pun berharap bendungan di Bogor bisa segera tuntas karena volume air yang datang ke Jakarta dari kawasan dataran tinggi cukup banyak.

"Jadi kita berharap bendungan selesai sehingga volume air yang datang ke Jakarta bisa turun 30%," tukasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT