08 December 2019, 16:07 WIB

Gagal All Indonesian Final, Rinov/Pitha Raih Perunggu


Despian Nurhidayat | Olahraga

PASANGAN ganda campuran bulu tangkis Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari gagal mewujudkan All Indonesian Final. Meskipun begitu, keduanya berhasil mempersembahkan satu medali perunggu ganda campuran SEA Games 2019 pertama di cabang bulu tangkis.

Keduanya terhenti di babak semifinal dari pasangan Malaysia Goh Soon Huat/Lai Shevon Jamie. Rinov/Pitha kalah dalam rubber gim 21-18, 11-21, 22-24 dalam 49 menit.

“Seharusnya tadi kami punya kans besar untuk all Indonesian final. Kalau dibilang puas, pastinya belum. Tapi kalau bicara target sudah terpenuhi. Dari awal kami inginnya yang penting mendapat medali dulu,” ungkap Rinov usai pertandingan di Muntinlupa Sports Compelx, Filipina, Minggu (8/12).

Pertandingan kali ini, lanjut Rinov, sangat berpengaruh dengan angin di lapangan. Pitha bahkan merasa pada saat pergantian lapangan, pihaknya mendapat hal yang tak menguntungkan.

“Awal main mereka nggak enak. Kami mencoba mengontrol gim pertama, kami banyak dapat poin di situ. Di gim kedua arah anginnya berbeda. Di pembukaan, terutama saya, banyak melakukan kesalahan. Saya belum ketemu feelnya dengan lapangan yang sebelah sini,” tambah Phita.

Baca juga: Rinov/Pitha Melaju Mulus ke Putaran Kedua Prancis Terbuka

Tak mau menyalahkan keadaan, keduanya pun merasa kekalahan ini disebabkan ketidakberuntungan yang mereka dapatkan.

“Gim ketiga tadi kami komunikasi. Bola-bola yang saya nggak enak, diambil sama Rinov. Dari situ kami bisa mengejar poin lawan. Tapi akhirnya kurang beruntung saja,” lanjut Phita

“Di poin-poin kritis saya melakukan kesalahan fatal. Saat sudah unggul saya servis nyolong ternyata out. Tapi juga tipis sih sebenarnya. Kami kurang hoki,” pungkas Rinov.(OL-5)

BERITA TERKAIT