08 December 2019, 14:29 WIB

Belitung Utamakan Wisata Berbasis Pengalaman


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

PEMKAB Belitung pada 2020 akan mengedepankan wisata berbasis pengalaman. Wisata berbasis pengalaman ini pun diharapkan mampu menarik wisata untuk rindu kembali berkunjung ke pulau Belitung. Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie mengatakan tahun depan akan mengedepankan experience tourism atau wisata berbasis pengalaman. Hal itu dilakukan untuk memberikan pengalaman unik kepada wisatawan.

Untuk itu, pihaknya mempersiapkan paket-paket wisata yang mudah dirasakan dan tidak mahal. Sehingga para wisatawan merasakan Belitung punya potensi yang lengkap dan membuat mereka rindu kembali ke Belitung.

"Kelas membatik Belitung. Bagaimana membuat keramik dengan Kaolin Belitung yang bagus kualitasnya. Membuat kretek cumi khas Belitung, terasi dan berbagai jenis oleh-oleh Belitung, anyaman tikar dari lais, topi kelapa, cooking class. Paket-paket ini akan kami buat di 2020," kata Isyak, Sabtu (7/12/2019)

Selain itu, lanjut Isyak, pihaknya juga menonjolkan 10 destinasi  pariwisata lokal ada 10 aktivitas yang menjadi basis experience tourism.

"Kami buat digital marketing dalam bentuk video dan promo sosial media. Sehingga masyarakat luar mancanegara dan domestik dapat dengan mudah mendapatkan gambaran sehingga mereka tertarik datang ke Belitung dengan sensasi berbeda," kata Isyak.

baca juga: Pemkab Cianjur Alokasikan Anggaran Rp12 Miliar Untuk Puncak II

Pemkab Belitung tidak memiliki anggaran khusus untuk per destinasi. Namun sejumlah perusahaan ikut membantu mengembangkan kawasan pariwisata di daerah itu. Seperti BCA membantu destinasi Bukit Peramun. Kemudian di Sungai Padang, Pelindo ikut terjun membantu. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT