08 December 2019, 10:29 WIB

Anthony Joshua Kembali Rebut Gelar Juara Dunia di Arab Saudi


Yakub Pryatama | Olahraga

AFP/Fayez Nureldine
 AFP/Fayez Nureldine
Petinju asal Inggris Anthony Joshua (sarung tangan putih) melawan Petinju Meksiko Andy Ruiz Jr (sarung tangan emas)

PETINJU Anthony Joshua sukses merebut gelar juara dunia tinju dunia kelas berat WBA, IBF, WBO dan IBO dari tangan Andy Ruiz Jr usai menang dengan angka mutlak 12 ronde.

Kemenangan tersebut diraih Joshua dalam partai rematch yang digelar di Diriyah, Arab Saudi, Minggu (8/12) dini hari.

Joshua mampu unggul melalui dua hakim yang menilai 118-110, sementara satu hakim memberi nilai 119-109 untuk kemenangan Anthony Joshua.

Kemenangan ini menjadi balasan atas kekalahannya dari Ruiz lewat TKO ronde ketujuh saat bertarung di Maddison Square Garden, New York, Juni silam.

Kini, nama Joshua telah bersanding dengan Muhammad Ali, Lennox Lewis dan Floyd Patterson sebagai petinju-petinju yang berhasil memenangkan kembali gelar juara kelas berat dalam laga rematch.

Bertarung di Arab Saudi membuat Joshua mengeluarkan taktik berbeda saat bertemu Ruiz. Joshua lebih mempraktikkan gaya bertarung lincah namun tak terburu-buru saat menyerang.

Hasilnya, ronde pertama, Joshua sudah merobek pelipis mata Ruiz berkat jab keras dan terarah. Sang lawan justru terlihat kesulitan membalas tekanan dari Joshua yang punya perawakan lebih tinggi ketimbang Ruiz.

Baca juga: Kalahkan Ortiz, Wilder Pertahankan Gelar Tinju Kelas Berat

Andy "The Destroyer" Ruiz tak mendapat banyak dukungan dari fans yang berkumpul. Teriakan menggema di stadion ketika namanya diperkenalkan.

Sejak awal, Anthony Joshua terlihat berupaya menjaga jarak dari jangkauan Ruiz Jr dengan senantiasa bergerak di seantero ring.

Andy "The Destroyer" Ruiz semakin terdesak setelah tak mendapat banyak dukungan dari fans yang berkumpul. Namun ia tak tinggal dia, di ronde kedua RUiz melesatkan jab keras dan sempat membuat Joshua nyaris terjatuh.

Alih-alih bangkit, Ruiz yang memiliki berat badan 128 kg itu kembali menjadi sasaran empuk Joshua dan darah pun kembali mengalir dari pelipisnya.

Joshua sengaja menanamkan pukulan tangan kanan lagi ke arah yang sama. Sehingga petinju asal Meksiko itu mulai goyang. Ia terbilang bertarung cukup baik ketimbang dalam duel sebelumnya.

Ruiz pun dibuat frustasi oleh tinju bertubi-tubi ala Joshua. Ruiz semakin kesulitan membalas serangan Joshua di ronde-ronde akhir dengan pukulan-pukulannya.

"Saya bermain sabar, tidak mau bernafsu namun tetap ingin menang telak. Hasilnya seperti yang saya pernah janjikan, saya akan juara lagi dan saya harus akui bahwa Ruiz adalah petinju hebat," ujar Joshua usai baku-hantam.

Adapun Ruiz ingin melakoni pertarungan ketiga melawan Joshua.

“Malam ini bukan milik saya dan Joshua melewati perannya dengan sangat baik. Dia mengalahkan saya dengan taktik boxernya. Namun saya menginginkan pertarungan ketiga untuk membuktikan dan memuaskan semuanya,” ujar Ruiz.

Usai memenangkan pertarungan, rekor kemenangan Joshua menjadi lebih sangar dengan 23-1-0 (21 KO). Sang lawan Ruiz telah kalah dua kali sehingga rekornya menjadi 33-2-0 (22 KO). (skysports/OL-5)

BERITA TERKAIT