08 December 2019, 08:46 WIB

Jukung Festival dan Perahu Naga Sambut HUT Banjarmasin


Denny Susanto | Nusantara

Antara
 Antara
Ilustrasi 

RATUSAN peserta berlaga dalam kegiatan Jukung Festival dan pertandingan Eksebisi Perahu Naga Internasonal 2019 yang digelar Pemko Banjarmasin, Sabtu (7/12/2019). Kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Jadi Kota Banjarmasin. Ratusan orang peserta yang mengikuti kejuaraan itu terbagi dalam 80 kontingen mengikuti lomba jukung tradisional, dengan total peserta sebanyak 480 atlet. Kemudian 30 kontingen untuk lomba perahu naga, tiap kontingen terdiri dari 14 orang peserta, sehingga total peserta lomba perahu naga 420 atlet.

Kegiatan ini juga dihadiri partisipan dari manca negara seperti, Portugis, Republik Rakyat Tiongkok, Italia, Republik Ceko dan Romania. Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina dalam sambutannya berharap, festival jukung dan perahu naga yang dilaksanakan di kawasan Sungai Martapura  dapat melahirkan atlet-atlet dayung yang bisa membawa harum nama Kalsel.

"Mudah-mudahan rangkaian Festival Jukung 2019 ini berlangsung lancar dan melahirkan atlet-atlet terbaik dayung dari Kalimantan Selatan," harapnya.

baca juga: Persepsi Susu Kental Manis sebagai Pengganti ASI Masih Tinggi

Kepala Dispora Kota Banjarmasin, Taufik Rifani dalam laporannya menargetkan dalam waktu 3 sampai 5 tahun mendatang jukung festival akan dijadikan agenda wisata olahraga nasional maupun internasional. Hal ini dikarenakan jukung festival satu-satunya event wisata sekaligus olahraga tradisional yang menjadi simpul budaya sungai dunia.

"Adapun misi dalam kegiatan ini adalah membuat event tahunan ini memiliki nilai unik sebagai sport tourism sekaligus juga cultural tourism. Serta bagaimana Banjarmasin sebagai pusat peradaban dan budaya sungai dunia," kata Taufik. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT