08 December 2019, 06:58 WIB

MU Sukses Menangi Laga Derbi Manchester


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Sepak Bola

AFP
 AFP
Pemain MU Ashley Young, Marcus Rashford dan penjaga gawang David de Gea merayakan kemenangan setelah menaklukan City 2-1.

MANCHESTER United (MU) sukses mempermalukan Manchester City di kandangnya dengan skor 2-1 pada lanjutan Liga Primer Inggris di Stadion Etihad, Minggu dini hari (8/12/2019). Laga bertajuk Derbi Manchester ini sesuai dengan prediksi awal yakni bakal berjalan sengit sejak awal laga. Tampil sebagai tim tamu, pasukan Ole Gunnar Solskjaer bermain agresif sejak wasit meniupkan tanda jalannya laga.

Peluang demi peluang justru diciptakan oleh MU. Peluang yang diciptakan Anthony Martial dari sisi sayap masih bisa dihalau oleh Ederson Moraes. MU semakin di atas angin karena mendapatkan hadiah penalti setelah Marcus Rashford dihentikan paksa oleh Bernardo Silva. Wasit memutuskan untuk melanjutkan permainan, namun VAR (video assistant referee) berkara lain. VAR memperlihatkan Bernardo melakukan pelanggaran sehingga penalti untuk MU di menit 23.

Rashford yang dipercaya sebagai eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik, 1-0 untuk MU. Hanya berselang enam menit, Tim Setan Merah mampu menggandakan keunggulan lewat aksi ciamik Martial. Umpan pendek Daniel James diakhiri tembakan keras Martial ke gawang Ederson.

City nyaris mendapatkan momentum saat Fred terlihat menahan bola menggunakan tangannya di kotak penalti. Namun, wasit menilai tangan sang pemain dalam posisi pasif sehingga tak ada penalti untuk City. Babak satu pun ditutup dengan keunggulan 2-0 tim tamu. Tak ingin dipecundangi di kandang, City terus mencari permainan terbaiknya di babak kedua. Usaha mencetak gol demi memperkecil ketertinggalan dilakukan oleh David Silva dan kolega.

Gebrakan City baru berbuah melalui gol telat Otamendi di menit ke 85. Skema umpan sepak pojok Mahrez sukses disambut dengan sundulan Nicolas Otamendi ke gawang De Gea. Gol telat Otamendi menjadi pelecut pasukan Pep Guardiola yang ingin memaksakan laga menjadi berimbang. Namun tetap tak ada gol tambahan tercipta hingga akhir babak kedua. Solskjaer mengaku jika permainan timnya sudah luar biasa sejak menit-menit awal. Bahkan, ia mengklaim bahwa seharusnya Rashford dkk. bisa unggul lima gol melawan City.

"Kami bermain sangat baik. Kami memainkan tim terbaik di dunia, untuk saya, dan juga pelatih terbaik," ujar Solskjaer.

"Kami lelah tetapi mereka terus bermain dan mentalnya kuat. Kami percaya pada apa yang kami lakukan. Hasilnya akan mengubah orang yang ragu menjadi percaya," tambahnya.

baca juga: Lupakan Kekalahan dari MU, Mourinho Langsung Alihkan Fokus

Dua kemenangan beruntun yang didapat MU atas tim kuat seperti Tottenham Hotspurs dan City tentu membangkitkan kepercayaan fans terhadap Solskjaer sebagai juru racik MU. Kemenangan ini membawa MU naik ke peringkat peringkat lima klasemen dengan raihan 24 poin. Sementara kekalahan atas MU menjadi kekalahan keempat bagi The Cityzen di musim ini. Sang juara bertahan masih berada di peringkat ketiga dengan raiham 32 poin atau tertinggal 14 angka dari Liverpool sang pemuncak klasemen. (Skysport/OL-3)

 

BERITA TERKAIT