07 December 2019, 16:10 WIB

Kongres PAN 2020, Bima Arya Siap Hadapi Putra Amien Rais


Ilham Wibowo | Politik dan Hukum

MI/Pius Erlangga
 MI/Pius Erlangga
Wali Kota Bogor Bima Arya

WALI Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengaku mendapat dukungan untuk maju sebagai calon ketua umum Parati Amanat Nasional (PAN).

Pemilihan bakal dilakukan dalam Kongres PAN yang rencananya dijadikan awal 2020.

"Dukungan itu ada. Saya pastikan dulu kongresnya kapan, tanggal berapa, setelah itu kita susun langkah-langkah kita," kata Bima saat menghadiri Rakernas kelima PAN di Hotel Milenium, Jakarta, Sabtu (7/12).

Meski belum secara resmi, Bima yang juga wakil ketua umum PAN mengaku siap menghadapi calon petahana Zulkifli Hasan. Sejumlah tokoh lainnya juga disebut bakal turut maju seperti mantan Menteri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur, Waketum PAN Mulfachri Harahap, dan Waketum PAN yang juga putra Amien Rais, Hanafi Rais.

"Saya kira regenerasi atau penyegaran itu kita sambut di sini," ucap Bima.

Menurut Bima, munculnya nama-nama pesaing dipastikan akan membuat PAN makin demokratis dalam memilih Caketum. Tokoh yang didorong Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais juga bakal memperlihatkan manuver politik agar terpilih.

"Tahun ini agak semarak, nama-nama yang didorong cukup banyak dan kami melihat Pak Amien Rais juga membuka ruang untuk munculnya nama-nama yang akan nanti bersaing di kongres. kita nikmati alam demokrasi di PAN ini dan Pak Amien juga menyampaikan pesan-pesan yang baik," ungkap Bima.

Bima bakal segera menemui tokoh senior PAN seperti Hatta Rajasa untuk berkonsultasi. Restu Hatta itu pun dinilai penting untuk memuluskan bursa pencalonan orang nomor satu di PAN.

"Saya akan komunikasikan juga dengan semuanya, akan minta pendapat juga dengan Bang Hatta Rajasa ini ke depan partainya seperti apa, itu penting," tuturnya.

Meski menyebut telah didukung sejumlah pemilik hak suara di internal PAN, Bima masih mencermati dinamika partai. Fokus saat ini masih terkait proses Rakernas kelima PAN yang akan menentukan jadwal dan lokasi Kongres PAN 2020.

"Nantilah itu, berapa hari ke depan kita akan putuskan langkah kita ke mana nanti, ini baru proses," ungkapnya. (Medcom/X-15)

Baca juga: Rakernas PAN Bahas Pemilihan Ketua Umum Baru

Baca juga: Gelar Rapimnas, BM PAN Soroti Isu Radikalisme Hingga Ekonomi

BERITA TERKAIT