07 December 2019, 04:00 WIB

Emas Indonesia Terus Menggelembung


Budi Ermanto budi_ernanto@mediaindonesia.com Laporan dari Filipina | Olahraga

PERLAHAN tapi pasti, Indonesia terus mendulang tambahan medali emas SEA Games 2019 di berbagai cabang olahrga. Kemarin, 12 medali emas plus lima perak serta delapan perunggu mampu direbut kontingen Merah Putih.

Hingga kemarin, Indonesia telah mendulang 40 emas serta 41 perak dan 47 perunggu dan menduduki posisi dua klasemen. Posisi pertama masih ditempati Filipina dengan raihan 71 emas 55 perak dan 50 perunggu.

Raihan 40 emas hingga hari keenam membuat Indonesia butuh 20 emas tambahan untuk memenuhi target yang diberikan. Dengan masih menyisakan lima hari pertandingan, peluang untuk memenuhi target masih terbuka lebar.

Cabang sambo yang berlangsung di The Angeles University Foundation, Angeles City, menjadi penyumbang emas terbanyak bagi Indonesia kemarin. Dari cabang olahraga beladiri asal Rusia tersbeut, Indonesia meraih tiga medalim emas.

Emas pertama sambo disumbang Fajar dari nomor pertarungan kelas 57 kilogram putra setelah di final menunduukan atlet Filipina, Rene Catalan. Emas kedua disumbang Ridha Ridwan di nomor nomor 80 kg putri yang mengalahkan atlet Thailand, Chatthayaporn Prawiset di final.

Sedangkan emas ketiga direbut tim berebut campuran yang diperkuat Desiana Safitri, Erik Gustam, Rio Bahari, dan Emma Ramadinah.

Dari arena judo, Indonesia mendulang dua emas mel I Gede Wardana di kelas +100 kg putra dan Gede Soetama di kelas 100 kg putra. Cabang dayung juga menyumbang dua emas melalui Maizir Ryondra di nomor kayak 1000 meter tunggal dan Anwar Tarra/Yuda Firmansyah di nomor kano 1000 meter double putra.

Emas lainnya diraih tim voli pantai putra setelah Ade Chandra Rachmawan/Mohamad Ashifiya menundukkan tim Thailand 2-0. Sedangkan dari menembak, Indonesia merebut satu emas melalui Agus Domo Sarjito di nomor mixed metallic silhouett air pistol.

Bidik dua emas

Dari cabang atletik, Agus Prayogo menjadi yang pertama menyumbang medali emas setelah menjadi yang terbaik di nomor maraton putra. Agus berhasil mencatatkan waktu 2 jam 26 menit 48 detik untuk jadi yang pertama melewati garis finis.

"Ini emas pertama saya di maraton di SEA Games dan yang pertama untuk tim atletik di SEA Games kali ini. Semoga bisa menjadi motivasi untuk teman-teman," ujar Agus.

Agus kini mengalihkan fokus untuk merebut emas keduanya di . Sore ini, Agus akan tamil di nomor 10 ribu meter putra. "Besok (hari ini) harus tampil di nomor 10 ribu meter. Waktu untuk recovery pasti kurang tapi saya akan lakukan yang terbaik," tegasnya.

Membidik dua emas kini juga dicanangkan petenis putri Aldila Sutjiadi. Setelah menundukan petenis Vietnam Nguyen Savanna Ly 6-0, 7-5 di final tunggal putri dan berhak atas emas, Aldila kini fokus menghadapi final ganda campuran. Bersama Christopher Rungkat, Aldila akan menghadapi pasangan Thailand Tamarine Tanasugarn/Sanchai Ratiwatana di laga puncak hari ini.

Dari modern pentathlon, Dea Salsabila Putri tampil cemerlang pada debutnya di SEA Games. Setelah merebut emas di Laser Run Women Individual, Dea juga menjadi yang terbaik di nomor Beach Triatle Women Individual. (R-1)

BERITA TERKAIT