06 December 2019, 20:15 WIB

Tiga dari Empat Perampok BRI Losari Ditembak


Supardji Rasban | Politik dan Hukum

Ilustrasi
 Ilustrasi
Ditembak

TIM gabungan Resmob Satreskrim Polres Brebes dan Jatanras Ditreskrimum Polda Jawa Tengah, menembak tiga dari empat pelaku perampokan Bank BRI Unit Negla, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes.
     
Ketiga pelaku disergap di tempat persembunyiannya di Serang dan Tangerang, Banten, Jawa Barat, Jumat (6/12) pagi.

Mereka mencoba kabur dan melawan petugas, sehingga terpaksa didor. Seorang di antara mereka tewas dan dua terluka pada bagian kaki.

Pelaku yang ditembak dan tewas yakni Agus Arianto, 37, sedangkan dua yang terluka pada kakinya yakni Agus Suparlan, 53, dan Jagad Abilowo, 48, keduanya warga Surabaya, Jawa Timur. Sedangkan pelaku lainnya yang kabur dan masih dalam pengejaran polisi berinisial V.

Ke empat pelaku pada Jumat (29/11) sekitar pukul 04.00 WIB melakukan aksi perampokan di Bank BRI Unit Negla, Kecamatan Losari, Brebes. Dalam aksinnya mereka mengancam dua orang satpam menggunakan senjata tajam dan menyekapnya.

Ke empat pelaku langsung merusak pintu ruang brangkas dan menjebol brangkas menggunakan linggis dan mesin gerinda dan membawa kabur Rp460 juta setelah menyekap penjaga malam.

Kasat Rskrim Polres Brebes, AK Tri Agung Suryomicho, menyampaikan aksi perampokan tersebut direncanakan oleh pelaku Agus Suparlan sehari sebelumnya.

"Dari hasil kejahatan itu uang tunai ratusan juta rupiah dibagikan kepada masing-masing pelaku dan sebagian uang telah digunakan
para pelaku," ujar Tri Agung, saat konferensi pers di halaman Mapolres Brebes, Jumat (6/12).

Tri Agung menuturkan para pelaku merupakan residivis kasus serupa yang baru keluar lapas 29 september lalu. Pihaknya menyita sejumlah barang bukti yakni sebuah mesin gerinda, dua buah linggis, sebuah parang, mobil yang digunakan untuk merampok dan uang tunai yang masih belum digunakan sebanyak Rp35 juta.
     
Menurut Tri Agung, kedua pelaku terancam hukuman maksimal sepuluh tahun penjara sedang seorang pelaku yang tewas masih berada di kamar jenazah RSUD Brebes. "Kami masih memburu seorang pelaku lain yang identitanya telah kami diketahui," pungkasnya.(OL-11)

 

 

BERITA TERKAIT