06 December 2019, 13:59 WIB

Karyawan Adira Finance Belajar Ilmu Jurnalistik


Eko Suprihatno | Humaniora

MI/Eko Suprihatno
 MI/Eko Suprihatno
Pelatihan jurnalistik Adira

KESEHARIAN mengurus masalah keuangan tidak menghalangi 35 karyawan PT Adira Finance belajar ilmu jurnalistik.

“Buat saya, hal ini sangat membantu mendukung hobi saya seperti fotografi. Sedangkan untuk tulis menulis saya terbantu mengetahui penggunaan kata dan kalimat ketika membuat berita untuk dikirimkan ke kantor pusat,” ujar Bobby Chandra Panggabean di Adira University, Jakarta, Jumat (6/12).

Mereka menamakan diri sebagai Gadira atau Garda Depan Adira dan salah satu tagline yang dimunculkan di depan peserta adalah ‘Siapa pun Kini Bisa Menjadi Bagian dari Jurnalis Gadira’.

Peserta memang utusan dari kantor-kantor cabang Adira di seluruh Indonesia. Mereka dipilih karena dinilai aktif membuat berita terkait kegiatan kantor masing-masing.

Baca juga: Perhumas Gelar Konvensi Nasional

Ajang yang sudah dihelat sejak Kamis (5/12) itu memang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman menyeluruh terkait jurnalistik.

Mereka belajar tentang reportase, mengumpulkan fakta dan data, menulis dan fotografi. Materi-materi tersebut dipaparkan jurnalis Media Indonesia.

Selain masalah jurnalistik, peserta juga diberikan pemahaman tentang public speaking yang dipandu presenter dari TVOne.

Antusiasme peserta terlihat sejak awal sesi yang ditandai dengan interupsi-interupsi kepada pemateri saat paparan berlangsung.

Mereka juga diwajibkan menulis berita dan juga membuat foto untuk kemudian dinilai. Bagi peserta terbaik disediakan sejumlah hadiah. (OL-2)

VIDEO TERKAIT :

BERITA TERKAIT