06 December 2019, 13:30 WIB

Tol Balsam Seksi 2-4 Diresmikan Sebelum Natal 2019


Andhika Prasetyo | Nusantara

MI/PIUS ERLANGGA
 MI/PIUS ERLANGGA
Foto aerial proyek pembangunan jalan Tol Balikpapan-Samarinda yang melintasi wilayah Samboja di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

JALAN Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) Seksi 2, 3, dan 4 akan diresmikan sebelum perayaan Natal tahun ini.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) mencatat, saat ini, progres konstruksi ruas sepanjang 66 kilometer (km) itu sudah mencapai 97%.

"Dari total lima seksi yang ada, yang siap diresmikan sebelum Natal 2019 adalah seksi 2, 3 dan 4. Untuk waktu peresmiannya, kami perkirakan pada minggu kedua. Tinggal menunggu jadwal Bapak Presiden," ujar Menteri PU-Pera Basuki Hadimuljono di Jakarta, Jumat (6/12).

Pembangunan Tol Balsam Seksi 2-4 dikerjakan PT Jasa Marga Balikpapan-Samarinda. Nilai investasi yang digelontorkan mencapai Rp7,3 triliun.

Adapun, untuk seksi 1 dan 5 dibangun pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Baca juga: Pemindahan Ibu Kota Baru tidak Perlu Relokasi Warga Setempat

Dua ruas tersisa itu kini masih dalam proses penyelesaian. Tidak seperti tiga seksi di tengah, seksi 1 dan 5 memiliki tantangan lebih besar karena kontur tanah yang tidak stabil sehingga menyebabkan adanya pergerakan.

"Dua seksi itu butuh teknik konstruksi khusus. Untuk seksi 5, saat ini, sudah ada keputusan penanganan. Pekan ini sudah dibahas desain akhir dengan second opinion dari tenaga ahli kami," tutur Basuki.

Sedangkan, untuk seksi 1, desain penanganan sudah diserahkan dari konsultan dan tinggal menunggu serah terima pekerjaan lapangan.

"Mudah-mudahan, secara keseluruhan, Jalan Tol Balsam bisa beroperasi penuh sebelum Lebaran 2020," sambung dia.

Pembangunan Seksi 1 menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Kaltim sebesar Rp1,5 triliun dan APBN sebesar Rp271 miliar.

Sementara, Seksi 5 dibangun dengan dana APBN sebesar Rp848,5 miliar.

Tol Balsam diharapkan akan mendukung konektivitas di Ibu Kota Negara baru.

Dengan adanya jalan tol, waktu tempuh antara Balikpapan-Samarinda akan bisa dipangkas dari tiga jam menjadi satu jam. (OL-2)

BERITA TERKAIT