06 December 2019, 13:15 WIB

Puan Harap Golkar Semakin Solid


Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum

MI/RAMDANI
 MI/RAMDANI
Ketua DPR Puan Maharani

KETUA DPR Puan Maharani mengaku berharap Partai Golkar akan semakin solid. Dengan dilaksanakannya musyawarah nasional (munas) Golkar pada 3--6 Desember, ia berharap partai tersebut semakin kuat dalam menjaga demokrasi di Indonesia.

Pelaksanaan Munas Golkar, menurut Puan, akan berpengaruh terhadap kondisi politik nasional. Sebab, Golkar berpredikat sebagai partai dengan perolehan kursi nomor dua terbanyak di DPR RI sekaligus anggota koalisi pemerintah.

“Jadi, jika terjadi gejolak dalam Munas, politik nasional juga akan bergolak. Demikian pula kondisi di DPR,” ungkap Puan, Jumat (6/12).

Dengan selesainya Munas yang berlangsung mulus, Puan berharap kesolidan Golkar membuat situasi di parlemen makin kondusif tanpa kehilangan sifat dinamisnya.

"Dan kita makin fokus bergotong royong mewujudkan Indonesia maju," ujar Puan.

Baca juga: Empat RUU Warisan Masuk Prolegnas Prioritas

Puan Maharani menegaskan, kongres, munas, atau muktamar sebagai forum tertinggi pengambilan keputusan partai adalah upaya untuk mendesain ulang program-program partai agar menjadi partai yang sehat.

Menurut Puan, partai yang sehat merupakan syarat mutlak karena saat ini partai merupakan sumber perekrutan pemimpin baik di pusat mau pun daerah.

"Seleksi awal para calon pemimpin ada di partai. Karena itu, partai menjadi motor assessment kepemimpinan," ujar Puan.

Puan juga menyambut baik rencana pemerintah menaikan dana bantuan Parpol untuk membantu operasional partai. Namun, rencana itu juga harus diiringi tanggung jawab besar untuk menyehatkan partai sehingga ada pertangungjawaban dana bantuan parpol kepada masyarakat. (OL-2)

BERITA TERKAIT