06 December 2019, 10:05 WIB

Anugerah KPI 2019 Ingin Wujudkan Siaran Berkualitas


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Humaniora

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI
 MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI
Sejumlah team program acara Kick Andy menerima penghargaan Anugrah KPI 2019 yang dilangsungkan di gedung Grand Studio Metro TV, Kedoya.

KOMISI Penyiaran Indonesia (KPI) sukses menyelenggarakan Anugerah KPI 2019 sebagai bentuk apresiasi terhadap radio dan televisi yang telah menyiarkan program siaran berkualitas.

Malam puncak Anugerah KPI 2019 berlangsung di Grand Studio Metro TV, Jakarta, Rabu (4/12), dengan tema Digitalisasi untuk negeri. Ajang penghargaan tahunan itu memperebutkan Anugerah KPI yang terdiri dari 19 kategori penghargaan.

Menurut Ketua KPI Agung Suprio, Anugerah KPI merupakan wujud apresiasi terhadap lembaga penyiaran yang telah memberikan layanan berkualitas kepada masyarakat.

“Adanya anugerah ini untuk menciptakan sekaligus mendorong karya-karya terbaik pertelevisian dan radio di seluruh Indonesia,” tutur Agung.

Berbeda dengan tahun lalu, tema digitalisasi lebih digaungkan karena zaman sekarang dipandang sudah era digital. Dengan begitu, persaingan bukan hanya antara televisi, tetapi juga antara televisi dan platform media lainnya.

Hal inilah yang menjadi fokus KPI untuk memproses digitalisasi dalam lembaga penyiaran itu sendiri. “Tujuan kami sama seperti Kemenkominfo yang minta waktu singkat pada 2020 agar benarbenar lembaga penyiaran itu menjadi digital,” ucap Agung seusai acara Anugerah KPI 2019.

 

Sabet dua penghargaan

Pada kesempatan itu, Metro TV mampu memenangi dua nominasi program terbaik versi KPI melalui tayangan talk show non-berita, Kick Andy dan program The Nation.

Presiden Direktur Metro TV Suryopratomo menyampaikan raihan itu merupakan sebuah awal tim Media Group dan Metro TV untuk terus memproduksi karyakarya yang berkualitas dan mendidik.

“Dua penghargaan ini sesuai semangat Media Group yakni bagaimana kita ingin jadi media yang punya arti mempererat persatuan Indonesia,” ucap Suryopratomo.

“Kita memberikan tempat kepada mereka yang termarjinalkan agar menjadi pemahaman kita semua dan kita cari jalan keluarnya,” tambahnya.

Ke depannya, Suryopratomo berharap Media Group dan Metro TV bisa terus memberikan mutu tayangan terbaik serta sesuai dengan apa yang menjadi tuntutan dari KPI, yaitu menghasilkan karya-karya yang berkualitas.

Sebagai informasi, dalam Anugerah KPI 2019, KPI menerima 185 tayangan televisi dan 130 siaran radio yang terbagi dalam 16 kategori lomba. Dalam menilai ke 315 program siaran itu, KPI mengikutsertakan 21 juri dengan beragam latar belakang seperti psikolog, sutradara dan kritikus film, praktisi perfilman, pengamat penyiaran, akademisi hingga anggota DPR RI.

KPI juga memberikan penghargaan khusus kepada Radio Komunitas Terbaik dan Pemerintah Daerah Peduli Penyiaran. Kedua penghargaan itu berasal dari usulan KPI Daerah seluruh Indonesia dengan kriteria tertentu yang ditetapkan. Adapula, penghargaan kepada tokoh penyiaran untuk kategori Pengabdian Seumur Hidup. (Ykb/S5-25)

BERITA TERKAIT