06 December 2019, 08:45 WIB

Toyota Rilis Aplikasi mTOYOTA untuk Pelanggan dan Komunitas


Nurtjhayadi | Otomotif

Dok KTCI
 Dok KTCI
Peluncuran aplikasi mToyota di Plaza Senayan, Kamis (5/12).

TOYOTA memberikan warna baru dalam dunia digital dengan diresmikannya Mobile Apps mTOYOTA oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM). Aplikasi itu resmi beroperasi mulai kemarin, Kamis (5/12).

Aplikasi mTOYOTA yang diperkenalkan di LAV VA Plaza Senayan ini hadir untuk meningkatkan kapabilitas digitalisasi demi kemudahan akses bagi pelanggan.

Aplikasi terbaru Toyota itu dirancang untuk semakin melengkapi platform digital Toyota yang sudah ada sebelumnya seperti official website, berbagai akun media sosial, digital press room, hingga chatbot Toyota virtual assistant TARRA.

Dalam 10-15 tahun belakangan ini, tren penggunaan internet kian pesat yang didorong perkembangan teknologi digital. Kondisi itu berdampak pada perubahaan karakter konsumen dalam mendapatkan informasi tentang produk yang akan dibeli, maupun layanan yang dibutuhkan, dengan sebelumnya konsumen cenderung mencari informasi secara offline.

Baca juga: Ekspor Toyota Bertahan di Ketidakpastian Pasar Global

Menanggapi hal itu, Toyota menghadirkan berbagai layanan komunikasi digital yang dapat memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam mengakses berbagai hal tentang Toyota.

Digital approach pertama kali dilakukan melalui situs resmi Toyota Indonesia (www.toyota.astra.co.id) dilanjutkan dengan Youtube ToyotaIndonesia, Facebook ToyotaID, Twitter account @ToyotaID, serta Instagram @toyotaID, dan Digital Pressroom khusus untuk memenuhi kebutuhan rekan-rekan media akan informasi tentang Toyota.

Pada tahun ini, juga telah diperkenalkan Toyota Interactive Virtual Assistant 'TARRA'.

Platform berbasis chatting itu merupakan langkah transformasi digital dalam menjawab kebutuhan pelanggan secara lebih cepat, efektif, dan efisien, karena TARRA mampu merespon secara real time & personalized, selama 24 jam 7 hari.

"Untuk dapat mengikuti tren perkembangan dunia digital dan di tengah kompetisi yang semakin ketat, perlu adanya digital approach baru untuk meningkatkan engagement dan memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan melalui kemudahan akses," ujar President Director TAM Yoshihiro Nakata di Jakarta, Kamis (5/12).

Peluncuran aplikasi baru ini disaksikan berbagai komunitas Toyota, di antaranya KTCI (Komunitas Toyota Calya Indonesia). Sapto Prayitno, selaku Ketua Umum KTCI menyambut antusias.

"Ini yang kita tunggu-tunggu satu aplikasi mencakup semua kebutuhan mengenai mobil toyota, baik utk bookng service, informasi seputar diler, chatbox, dan sebagainya," ujar Sapto.

Menurut Sapto, yang sangat menarik adanya kanal komunitas berisi 18 komunitas di bawah naungan Toyota Owners Club (TOC). (RO/OL-2)

BERITA TERKAIT