05 December 2019, 23:23 WIB

ICEE Indonesia 2019 Meriahkan Pasar Elektronik Indonesia


Tesa Oktiana Surbakti | Ekonomi

PAMERAN International Consumer Electronics Expo (ICEE) Indonesia kembali diselenggarakan. Pameran serupa telah sukses digelar dalam tiga tahun terakhir.

ICEE Indonesia merupakan pameran elektronik konsumen terbesar di Indonesia. Tujuannya menghubungkan para pelaku industri elektronik di seluruh dunia, serta mempertemukan berbagai produsen elektronik kredibel dan profesional dengan pembeli potensial.

Selain mengumpulkan pelaku industri seperti diler, pengusaha, perwakilan penjual ritel, termasuk distributor, ICEE juga menghadirkan beragam inovasi baru. Berikut barang purwarupa mencakup perangkat yang dapat dicoba oleh pengunjung.

Pada gelaran ICEE Indonesia 2019, sejumlah produk eletronik berteknologi terbaru yang sangat canggih akan memeriahkan pameran. Kreen selaku Steering Committee menyatakan pameran ICEE sukses digelar di berbagai kota di dunia. Ratusan perusahan teknologi dari berbagai negara antusias membawa produk dan teknologi terbaru.

"Tujuan digelarnya ICEE untuk memperluas jaringan pengusaha dalam menjalin kerja sama bisnis. Pameran ini akan menjadi platform yang baik bagi perusahaan dan buyer, dalam mengembangkan usahan seiring perkembangan industri 4.0," ujar Sutardi dari Kreen yang berkolaborasi dengan Y&D International, dalam keterangan resmi, Kamis (5/12).

Baca juga : Jakarta AV Week 2019 Dukung Industri Audio Visual

ICEE Indonesia memasuki penyelenggaraan keempat. Berbagai macam produk elektronik pilihan, seperti drone, virtual reality (VR), komputer, aksesoris, kamera, bluetooth speaker, smartwatch, vapes, IOT, LED Light, akan memenuhi ruang pameran.

Sekitar 30% perserta pameran berasal dari Indonesia. Acara dijadwalkan berlangsung di Hall A dan Hall B JCC) Senayan pada 17-19 Desember 2019.

Selama penyelenggaran, ICEE 2019 akan menghadirkan area untuk menjajal dunia virtual reality, test dribe balance scooter wheel, serta mencoba gawai terbaru.

Perwakilan asosiasi pengusaha lokal menilai perlunya expo berskala internasional, seperti ICEE Indonesia.

“Untuk melihat langsung teknologi terkini di dunia terkait consumer electronics, kami berpartisipasi dalam ICEEI 2019. Harapannya perusahaan consumer electronics lokal dapat bersaing dan siap menuju industri 4.0,” tutur perwakilan Asosiasi Sistem Integrator dan Sekuriti Indonesia (ASISINDO) Soegiharto Santoso, yang berencana melakukan rapat nasional tahunan selama penyelenggaraan ICEE Indoensia 2019.

Di lain sisi, perwakilan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Kevin Wu, mengapresiasi perhelatan ICEE Indonesia 2019.

Baca juga :Gadget Senilai Rp3,5 Miliar Dimusnahkan Bea Cukai Soetta

“Selain diharapkan adanya business to business (B-to-B) antara peserta lokal dan internasional berikut masyarakat umum, kami juga dapat melihat langsung kecanggihan teknologi di sektor consumer electronics,” kata Kevin.

Untuk mendukung ekonomi kreativitas lokal, penyelenggara melibatkan komunitas startup terkait consumer electronics, untuk bergabung dalam pameran ICEE Indonesia 2019. Di samping itu, terdapat kompetisi bagi startup dengan hadiah perjalanan ke Shenzhen, Tiongkok.

CoHive, salah satu komunitas startup utama di Tanah Air menjadi mitra ICEE Indonesia 2019. Bagi pelaku bisnis, acara ini merupakan peluang untuk mencari mitra bisnis di industri consumer electronics. Sebab, berbagai merek dan produsen multinasional akan hadir di Indonesia.

Pihak penyelenggara mengungkapkan acara ini menargetkan sekitar 15 ribu pengunjung. Untuk memenuhi target tersebut, tiket masuk pun digratiskan.

Setiap 30 menit, pihaknya akan membagikan souvenir di area ICEE Indonesia 2019. Adapun undian akhir menyediakan hadiah perjalanan gratis ke Shenzhen. Beberapa merek juga memberikan diskon khusus. Misalnya, diskon 40% dari Dyson dan diskon 20% dari Segway.(OL-7)

BERITA TERKAIT