05 December 2019, 23:35 WIB

Siap-Siap Memborong di Harbolnas


Dero Iqbal Mahendra | Ekonomi

DOK. 123RF
 DOK. 123RF
 Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas)  

Hal tersebut juga dimanfaatkan platform e-commerce yang memberikan penawaran potongan harga menarik.

AKHIR tahun selalu menjadi event bagi para pemburu diskon lantaran banyak merchant yang menawarkan promo khusus menyambut Natal dan Tahun Baru. Hal tersebut juga dimanfaatkan platform e-commerce yang memberikan penawaran potongan harga menarik bagi pembelanja dalam Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada 12 Desember 2019.

Masyarakat yang semakin akrab dengan belanja online pun antusias dengan kedatangan Harbolnas. Misalnya, Rima yang berprofesi sebagai guru mengaku selalu berpartisipasi dalam perayaan tersebut.

"Saya sering belanja tergantung dengan promo dan kebutuhan. Misalnya, pampers, susu, dan baju anak. Pokoknya kalau promo berbau anak pasti langsung aku ambil. Kalau promo lain, aku pikir dulu butuh atau tidaknya," terang Rima.

Dalam setiap Harbolnas, ia dapat menghabiskan dana hingga Rp300 ribu-Rp500 ribu. Ia cenderung melihat penawaran yang diberikan terlebih dahulu dari beberapa platform e-commerce.

Namun, Rima sering berbelanja di Shopee. "Pastinya belanja di Shopee meski punya juga aplikasi lain. Tetapi enak di Shopee karena lebih mudah dipakainya, selain itu ada cashback juga," pungkas Rima.

Shopee sebagai platform e-commerce berskala besar di Asia Tenggara memang selalu mengikuti Harbolnas setiap tahun. Pada tahun ini, perusahaan tersebut menggelar program bernama 12.12 Birthday Sale karena bertepatan dengan ulang tahun Shopee.

"Kali ini kami menyiapkan festival belanja yang lebih spesial lagi. Bertepatan dengan ulang tahun Shopee, kami menghadirkan 12.12 Birthday Sale. Itu menjadi terbesar dan terbaik untuk menutup akhir tahun," ujar Director Shopee Indonesia, Christin Djuarto, saat dikonfirmasi, kemarin.

Terdapat 12 promo dalam puncak kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale. Rinciannya, gratis ongkos kirim (ongkir) sepuasnya tanpa minimum pembelian, hadiah Toyota Innova Venturer di 12.12 TV Show, berikut promo Midnight Cashback hingga 120%. Promo lainnya ialah Midnight Electronic Sale, Midnight Fashion Sale, Midnight Beauty Sale, Midnight Supermarket Sale, dan Midnight Launch.

Ditanyai perihal nilai transaksi yang diharapkan dalam festival belanja akhir tahun, pihaknya mengaku tidak menetapkan target. "Kami tidak memiliki target transaksi secara khusus, ketika melakukan kampanye besar seperti Shopee 12.12 Birthday Sale. Tapi, kami berharap angkanya lebih besar jika dibandingkan pada kampanye sebelumnya," tandas Christin.

Pengalaman asyik

Bukalapak tak mau kalah dengan membuat program Kalap12.12. Terdapat sejumlah penawaran menarik mulai potongan harga, gratis ongkir, cashback, hingga promo bundling produk.

Head of Corporate Communications Bukalapak, Intan Wibisono, mencontohkan program Serbu Seru 12 yang menawarkan promo ruko, indekos, dan mobil hanya dari Rp12 ribu. Ada juga diskon untuk produk handphone melalui flash sale mencapai 90%, seperti Samsung Galaxy Note 10, Samsung Galaxy M20, Realme 3 Pro, dan Vivo Y15.

"Mengenai target, kami belum bisa sampaikan. Tapi target utama kami sesungguhnya, yaitu menciptakan pengalaman belanja yang asyik dan aman pada Harbolnas kali ini," tutup Intan.

Lain lagi dengan Blibli.com yang menawarkan program Histeria Syok yang menggabungkan program diskon dengan gamification seperti Capit. Dengan program tersebut, pelanggan memperoleh kesempatan menebus berbagai produk dengan harga syok, yaitu diskon hingga 90% dan cashback hingga 100% untuk produk pilihan, seperti mobil Honda All New CR-V dan Yamaha NMAX, logam mulia, LED TV, laptop, dan ragam produk lain.

"Menjelang 12.12, Blibli.com meluncurkan program promosi pra-Harbolnas, yaitu Belanja Marathon menuju 12.12. Kami memberikan banyak penawaran diskon menarik hingga puncaknya nanti pada 12.12," tutur Head of Public Relations Blibli.com, Yolanda Nainggolan. (Tes/S-3)

BERITA TERKAIT