05 December 2019, 21:35 WIB

RI dan Fiji Sepakat Majukan Kerja Sama Ekonomi Konkret di Pasifik


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

ANTARA
 ANTARA
Pembukaan Bali Democracy Forum 2019

MENTERI Luar Negeri RI Retno Marsudi telah bertemu Menteri Luar Negeri Fiji Inia Batikoto Seruiratu, Kamis (5/12), di sela-sela 12th Bali Democracy Forum di Nusa Dua, Bali.

Menlu Fiji menegaskan dukungan terhadap komitmen Indonesia untuk meningkatkan kerja sama dengan negara-negara Pasifik Selatan, sebagai bentuk berkontribusi Indonesia pada stabilitas keamanan, perdamaian, dan kemakmuran di kawasan.

Berkaca dari kesuksesan Pacific Exposition di Auckland, Selandia Baru, Juli 2019 silam, Indonesia kembali mengajak Fiji untuk berkolaborasi dalam Pacific Fair 2020 yang akan diselenggarakan pemerintah Indonesia.


Baca juga: Rusia Usir Diplomat Bulgaria


Pacific Fair 2020 diharapkan dapat menghasilkan lebih banyak kemitraan konkrit di bidang ekonomi, untuk mempertahankan momentum positif yang telah terbangun dengan negara-negara Pasifik Selatan saat Pacific Exposition. Kedua pihak juga mendiskusikan persiapan awal pembentukan Indonesia-Fiji Preferential Trade Agreement (IF-PTA). Diharapkan perjanjian ini akan memperluas peluang kerja sama ekonomi kedua negara di bidang kerja sama investasi, infrastruktur dan konektivitas.

Diharapkan agar tahap awal negosiasi IF-PTA dapat dilaksanakan pada Triwulan I 2020. Dalam pertemuan tersebut, Menlu Fiji juga menyebutkan semakin meningkatnya popularitas Indomie sebagai salah satu makanan favorit bagi masyarakat Fiji.

Menlu Retno menyampaikan bahwa Indonesia memiliki berbagai produk penganan lain yang juga memiliki potensi untuk dapat ditawarkan di pasar Fiji, di antaranya camilan yang dibuat dari singkong. (OL-1)

BERITA TERKAIT