05 December 2019, 20:24 WIB

Hari Armada, TNI AL Bangun Postur Kuat dan Profesional


Golda Eksa | Politik dan Hukum

Dok. Dinas Penerangan TNI AL
 Dok. Dinas Penerangan TNI AL
Peringatan Hari Armada di Koarmada II Surabaya, Jawa Timur

KEPALA Staf TNI AL (KSAL) Laksamana Siwi Sukma Adji mengingatkan seluruh prajurit untuk menghargai nilai heroisme dan semangat pengabdian tanpa pamrih para pendahulu bangsa.

Prajurit matra laut wajib mengisi kemerdekaan dengan mempertahankan keutuhan negeri dari pelbagai ancaman.

"Sebagai generasi penerus prajurit jalasena kita harus mengatasi berbagai potensi ancaman dan gangguan terhadap keutuhan NKRI," kata Siwi saat memimpin upacara Hari Armada 2019, di Dermaga Komando Armada II, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (5/12).

Siwi menegaskan, TNI AL juga berkomitmen untuk terus melakukan pembangunan postur yang kuat, profesional, dan modern dengan melakukan validasi organisasi.

Salah satu upaya itu ialah pembentukan Komando Armada RI. Merujuk Perpres 66/2019, Komando Armada RI akan membawahi Koarmada I, Koarmada II, dan Koarmada III.

Baca juga : Panglima TNI Motivasi Prajurit Tingkatkan Kemampuan Menembak

Menurut dia, Hari Armada 2019 yang mengusung tema Armada Sebagai Pengawal Samudera Siap Mewujudkan Prajurit Pejuang, Profesional, Bermoral, dan Militan, memiliki arti penting bagi segenap prajurit Komando Armada RI di penjuru Tanah Air.

Upacara peringatan tersebut digelar serentak di tiga wilayah. Siwi memimpin upacara di Markas Komando Armada II, Wakil KSAL Laksamana Madya Mintoro Yulianto di Markas Koarmada I di Jakarta, dan Panglima Koarmada III Laksamana Muda ING Ariawan bertindak sebagai inspektur upacara di Markas Koarmada III Sorong, Papua.

Peringatan Hari Armada di Surabaya melibatkan 1.913 personel pasukan upacara. Rinciannya, satu unit Korsik Lantamal V Surabaya, kelompok panji TNI AL, satu satuan setingkat batalyon (SSY) perwira (pamen dan pama) dan taruna, 1 SSY gabungan POM AL dan Kowal, 1 SSY Bintara dan Tamtama Koarmada II, 1 SSY Bintara dan Tamtama dari Puspenerbal, 1 SSY Bintara dan Tamtama dari Marinir, serta 1 SSY pasukan khusus dan kompi PNS.

Seluruh pasukan upacara tersebut berdiri dengan latar belakang berbagai alutsista TNI AL, yaitu unsur KRI dan ranpur Marinir seperti KRI Diponegoro-365, KRI Bima Suci, KRI Oswald Siahaan-354, 2 unit Helly, 2 unit kendaraan tempur Amfibi Tank BMP-3F dan 2 unit LVT 7, 2 unit Sea Rider Kopaska, 2 unit Randis Kopaska, 2 unit senjata pertahanan udara.

Selain dilaksanakan penyematan tanda kehormatan Satya Lencana Kesetiaan VIII, XVI dan XXIV Tahun oleh KSAL, kegiatan ini dimeriahkan juga dengan parade dan defile, demo tari kolosal, beladiri militer, serta display Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL.

Dalam kesempatan ini KSAL memberikan penghargaan kepada KRI, Lanal dan Lanudal teladan, yaitu KRI Tombak-629, Lanal Balikpapan, dan Lanudal Juanda Surabaya. (OL-7)

BERITA TERKAIT