06 December 2019, 00:20 WIB

Lee Ji-Eun Pahlawan Filantropi Asia


Atalya Puspa | Hiburan

Ist
 Ist
Aktris Lee Ji-eun

SELAIN K-pop dan K-drama, Korea Selatan juga dikenal sebagai salah satu negara yang banyak melakukan operasi plastik. Nah, ada satu titel baru yang disematkan pada 'Negeri Ginseng' itu setelah salah satu warganya didapuk menjadi pahlawan filantropi di Asia.

Dalam daftar pahlawan filantropi tahunan yang dikeluarkan majalah Forbes, Senin (2/12) waktu setempat, penyanyi dan aktris Lee Ji-eun atau lebih dikenal dengan IU, 26, dinobatkan sebagai Pahlawan Filantropi Asia.

Perempuan kelahiran Songjeong-dong, Seoul, 16 Mei 1993, itu, dinilai memiliki komitmen tinggi dalam memecahkan beberapa masalah paling mendesak di Asia-Pasifik. Para miliarder, wirausahawan, dan selebritas di seluruh wilayah Asia-Pasifik masuk ke daftar tersebut karenanya.

Laporan Soompi menyebutkan, IU menjadi orang termuda yang masuk ke daftar Heroes of Philanthropy Asia: Catalysts for Change karena telah menyumbangkan total 900 juta won atau sekitar US$800 ribu (Rp11,2 miliar) sejak 2018.

Bintang Hotel del Luna itu bergabung dengan banyak selebritas Korea yang menyumbang untuk para korban bencana di Provinsi Gangwon. Dia juga berdonasi untuk asosiasi tunarungu setelah terinspirasi dari karakternya dalam My Mister.

Sejak 2015 lalu, IU telah memberikan banyak donasi kepada Green Umbrella Children's Foundation yang membantu keluarga orangtua tunggal, anak-anak yang dibesarkan kakek-nenek, dan anak-anak lain dalam situasi yang kurang mampu.

Sumbangan lain yang dibuat IU pada 2019, termasuk membantu para lansia dengan yang menderita panas saat musim panas dan sumbangan bersama dengan fans club-nya, UAENA, untuk merayakan ulang tahun debutnya yang ke-11.

Saat ini, IU sedang dalam tur Asia Love, Poem untuk mempromosikan album barunya dengan nama yang sama. Dia berada di Taipei pada 1 Desember 2018 dan akan menuju Singapura pada 7 Desember, Manila pada 13 Desember, Kuala Lumpur pada 21 Desember, Bangkok pada 24 Desember, dan Jakarta pada 28 Desember.

 

Teman baik

Perempuan berusia 26 tahun itu melakukan debutnya pada 2008 di bawah naungan LOEN Entertainment dengan genre musik K-Pop. Nama panggungnya berasal dari kata i and you (aku dan kamu) yang melambangkan bahwa 'kita' dapat menjadi satu melalui musik.

Di masa kecilnya, dia dan adik laki-lakinya tinggal terpisah dari orangtua mereka. Keduanya tinggal di sebuah ruangan studio bersama nenek dan sepupunya selama lebih dari setahun dalam kondisi kemiskinan yang luar biasa.

Karena kondisi hidupnya saat itu, IU menyatakan bahwa dia senang berada di studio, yang mana dia bisa makan sebanyak yang dia mau dan punya tempat untuk tidur. Pada 16 April 2009, IU meluncurkan album penuh pertamanya berjudul Growing Up dengan lagu Boo. Dalam waktu tiga minggu, Boo naik ke peringkat #1 SBS Inkigayo.

Dalam wawancara dengan majalah Highcut, IU mengungkapkan apa yang menjadi target dia pada 2020 mendatang. Salah satu artis solo terlaris di industri K-pop itu mengungkapkan bahwa ia ingin lebih dekat dengan para penggemarnya yang disebut UAENA. Dia menyebut penggemarnya bukan sebagai penggemar, tetapi 'teman baik'.

"Saya ingin menjadi teman yang lebih baik bagi semua teman baik saya. Saya harap kami bisa rukun di tahun depan juga," ujar IU dilansir dari Koreaboo, Rabu (4/12).

Selama wawancara, IU juga kembali melihat semua yang dia raih pada 2019. Dia mengungkapkan, betapa beruntung dirinya karena telah mendapatkan kesuksesan sebagai aktris dan penyanyi dalam satu tahun. Menurutnya, 2019 ialah tahun yang luar biasa karena dia merasa sangat dihargai untuk semua pekerjaan yang dilakukannya.

"Anehnya, semua yang saya harapkan untuk tahun ini menjadi kenyataan. Drama Hotel del Luna menerima banyak cinta dan album yang saya persiapkan dalam waktu yang lama akan memulai debutnya di dunia. Saya juga berhasil menyelesaikan konser," kata IU. (Ant/H-2)

BERITA TERKAIT