05 December 2019, 06:55 WIB

Perkenalkan VPS, Sistem Pemandu yang Membuat GPS Jadi Kuno


Fathurrozak | Weekend

Dok. Google
 Dok. Google
Tampilan VPS.

APAKAH Anda termasuk orang yang terkadang merasa kesulitan mengikuti navigasi saat menggunakan GPS? Tidak usah khawatir, sebentar lagi sistem itu akan usang digantikan sistem baru yang dilengkapi tampilan visual.

Visual Positioning System (VPS), begitulah sistem pemandu baru yang diluncurkan Google. VPS menggabungkan antara kamera untuk mengombinasikan tampilan jalan (street view) secara langsung (real-time) dan peta jalan (map).

Dalam presentasinya, Vice President Google Aparna Chennapraganda memperlihatkan kenampakan dari VPS. Kita bisa melihat secara langsung detil informasi yang ada di sekitar kita. Mulai dari nama jalan, hingga tempat yang ada di sekitar kita. Dalam tampilan Google Maps tersebut, tampilan terbagi menjadi tampilan map seperti sebelumnya, ditambah dengan kenampakan area sekitar secara langsung.

"Tim kami bekerja sangat keras untuk mengombinasikan computer vision antara street view dan map. Anda bisa tahu secara langsung di mana Anda berada. Bisa langsung tahu nama jalan, atau arahan jalan.Tim kami juga menambahkan guide yang sangat membantu untuk mengarahkan ke mana Anda pergi," jelasnya.

Selain  itu, fitur Google yang bisa digunakan berbasis kamera ialah Google Lens dengan kehadiran Smart Text Selection. Anda bisa memfoto obyek yang memiliki teks, lalu bisa diseleksi, untuk di­-copy paste langsung ke ponsel. Smart Text Selection juga berfungsi ketika kita ingin mencari tahu bentuk makanan yang ada di daftar menu restoran, berikut komposisinya.

Fitur lain yang tidak kalah menarik ialah Sytle Match. Dengan Style Match, kita bisa mendeteksi detail informasi dari sebuah benda, seperti misalnya kita melihat lampu ruangan yang menurut kita keren.

Tinggal arahkan Lens ke lampu tersebut untuk mengetahui informasi detail dan lampu dengan tipe sejenis. Style Match juga bisa digunakan bila kita melihat sebuah outfit pakaian. Arahkan kamera ke outfit tersebut, lalu tekan di item yang ingin kita ketahui informasinya, maka akan tertera berikut ulasan, ataupun outfit serupa di browser. "Jadi hal terakhir, bahwa tim kami membuat Google Lens berguna secara real time," pungkasnya.

Berita mengenai VPS sebenarnya telah dibagikan Google melalui ai.googleblog.com pada Februari lalu. Namun penjelasan lebih detilnya baru tersebar belakangan ini. (M-1)

BERITA TERKAIT