04 December 2019, 19:28 WIB

Bea Cukai Bekasi Tambah Dua Izin untuk Kawasan Berikat Mandiri


mediaindonesia.com | Politik dan Hukum

DOK BEA CUKAI
 DOK BEA CUKAI
Bea Cukai Bekasi Tambah Dua Izin untuk Kawasan Berikat Mandiri

Bea Cukai dalam menjalankan fungsinya sebagai ‘trade facilitator’ dan ‘industrial assistance’ terus memberikan fasilitas kepada pelaku industri untuk mendorong neraca perdagangan di bidang ekspor dan impor. Bea Cukai Bekasi merealisasikan fungsi tersebut dengan memberikan fasilitas kawasan berikat mandiri (KBM) kepada dua pengguna jasanya yaitu PT Framas Indonesia dan PT Chubb Safes Indonesia.

Kepala Kantor Bea Cukai Bekasi, Hatta Wardhana mengungkapkan, kedua perusahaan ini ditetapkan dalam kegiatan Customs Visit Customer oleh Bea Cukai Bekasi karena dipandang sudah layak dan mampu untuk menerima fasilitas tersebut. PT Chubb Safes sendiri bergerak di bidang produksi brankas, sedangkan PT Framas Indonesia di bidang elektronik dan otomotif.

“Dengan ditetapkannya kedua perusahaan tersebut sebagai KBM, diharapkan mereka dapat menerima kemudahan usaha yang lebih dan dapat memberikan kontribusi positif pada neraca ekspor Indonesia,” ujar Hatta.

Hatta juga mengingatkan agar perusahaan yang memperoleh kepercayaan fasilitas KBM dapat mengoptimalkan fasilitas tersebut dengan penuh amanah, jangan sampai menyalahgunakan fasilitas tersebut untuk hal yang melanggar peraturan.

Abhiram Redham, President Direktur PT Chubb Safes Indonesia menyampaikan rasa terimakasih atas kedatangan Bea Cukai Bekasi dan beliau merasa bangga karena perusahaannya terpilih untuk mendapatkan fasilitas KBM.

Diharapkan fasilitas ini akan memberikan manfaat seperti menumbuhkan kepastian dan kecepatan berusaha, layanan pemasukan dan pengeluaran barang yang cepat, serta efisiensi biaya yang tidak perlu akibat menunggu proses layanan. Sementara bagi Indonesia, KBM juga akan berkontribusi positif terhadap peringkat kemudahan berusaha atau ease of doing business (EoDB), dan meningkatkan investasi serta ekspor. (RO/OL-10)

BERITA TERKAIT