04 December 2019, 20:15 WIB

Forum Film Indonesia Gagas Bentuk Asosiasi Pembuat Film Pendek


Retno Hemawati | Weekend

Dok Indonesia Sinema Persada
 Dok Indonesia Sinema Persada
Salah satu adegan film pendek Family Room.

PERKEMBANGAN film pendek Indonesia dalam beberapa tahun terakhir cukup menggembirakan. Produksi film pendek terjadi di banyak tempat, bahkan hingga ke pelosok. Kompetisi film pendek diselenggarakan secara meriah setiap bulan oleh berbagai instansi hingga swasta. Secara kuantitas diperkirakan produksi film pendek bisa menembus 1.000 judul per bulan.

Maraknya produksi film pendek Indonesia sedikit banyak juga terkait dengan semakin mudahnya mengakses teknologi terkait audio visual. Untuk menyunting film pun bisa dilakukan dengan perangkat rumahan dengan hasil yang cukup baik. Dan kini film pendek pun bisa disaksikan secara luas via YouTube atau platform streaming seperti Vidsee.

Ichwan Persada, sutradara/produser film selaku pendiri komunitas Forum Film Indonesia, melihat kebutuhan pembuat film pendek dari seluruh Indonesia untuk lebih terorganisir dalam sebuah wadah. "Sejak beberapa bulan terakhir, kita melihat ada urgensi bagi pembuat film pendek untuk punya wadah resmi yang bisa digunakan untuk berjejaring. Wadah seperti ini juga penting untuk pertukaran informasi diantara sesama pembuat film, " jelas Ichwan.

Lebih jauh lagi, dia menambahkan adanya trend film pendek juga akan merambah ke platform lainnya seperti  streaming service berbayar yang juga semakin diapresiasi keberadaannya di tanah air. "Dengan adanya asosiasi, hampir pasti koneksitas antara sesama anggota bisa lebih terbangun, sehingga kesempatan untuk membangun jejaring hingga berkolaborasi juga semakin terbuka, " tambah Ichwan yang tahun ini menyutradarai 4 film pendek sekaligus.

Asosiasi Pembuat Film Pendek Indonesia juga diyakini Ichwan akan berdampak positif bagi pengembangan konten hingga kualitas karya. "Kita tentu berharap ada upgrade dari kualitas karya sehingga karya pun punya nilai ekonomi yang bagus. Ketika film pendek juga sudah bisa dikomersialkan, maka iklim berproduksi film pendek akan semakin baik dan ekosistemnya pun akan semakin mendukung, " tutupnya. (M-4)

BERITA TERKAIT