04 December 2019, 14:55 WIB

Menpora Koordinasi dengan KOI Demi Capai Target 60 Emas


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
 ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
 Presiden Jokowi (tengah) menerima gelang dari atlet disaksikan Menpora Zainudin Amali (kedua kanan), dan Ketua KOI Raja Sapta Oktohari.

MENTERI Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, mengatakan jika dirinya terus berkoordinasi dengan pihak Komisi Olimpiade Indonesia (KOI) untuk mengetahui kemungkinan tercapainya target medali 60 emas di SEA Games 2019.

Seperti diketahui, target 60 medali emas dicanangkan setelah Presiden Jokowi Widodo meminta kontingen SEA Games 2019 menembus peringkat kedua di klasemen akhir medali.

Permintaan tersebut direspons cepat oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpor)a dan KOI yang merevisi target yang semula 45 emas menjadi 60 emas.

"Saya masih koordinasi dengan KOI dan Chef de Mission (CdM) Sea Games kita yang ada di Filipina," ujar Zainudin kepada Media Indonesia, Rabu (4/12).

"Saya sedang meminta mereka untuk menghitung kemungkinan kita raih emas beberapa hari kedepan, karena yang paling tahu itu mereka dan cabor-cabor yang sedang bertanding," tambahnya.

Hingga saat ini, Indonesia masih berkutat di posisi keempat dengan raihan 14 medali emas, 21 perak, dan 24 perunggu.

Terakhir, tambahan dua medali emas disumbangkan melalui tim bulu tangkis putra dan ganda putra dari nomor boling, yakni Billy Muhammad Islam/Hardy Rachmadian.

Zainudin sendiri mengaku belum kembali ke Filipina untuk mengawal kontingen Indonesia yang berlaga di Filipina. (Ykb/OL-09)

BERITA TERKAIT