04 December 2019, 00:14 WIB

28 Siswa Menangi Kompetisi Matematika Online dari Eduversal


mediaindonesia.com | Humaniora

Dok. Eduversal
 Dok. Eduversal
Pelaksanana final Kompetisi matematika online dari Eduversal

SEBANYAK 28 siswa dari rentang kelas 5 SD hingga II SMA dinyatakan sebagai pemenang dalam kompetisi Eduversal Mathematics Competition (EMC) nasional atau Kompetisi Matematika Online Se-Indonesia yang digelar platform Eduversal.

"Setelah melewati berbagai tahapan mulai penyisihan hingga babak final, kompetisi matematika online tingkat nasional ini menetapkan 28 siswa/siswi sebagai juara," kata Direktur Edukasi Universal (Eduversal) Indonesia Dwi Prajitno dalam keterangan tertulisnya.

Kompetisi yang memperebutkan total hadiah senilai Rp126 juta itu dibuka sejak sejak 1 Juli dan ditutup pada 5 Oktober 2019 lalu.

Sedangkan kegiatan kompetisi matematika daring ini sudah dilaksanakan pada Sabtu, 19 Oktober 2019, dan pemenangnya diumumkan pada 23 November.

"Untuk babak penyisihan digelar secara online tapi finalnya secara offline. Babak final dilaksanakan offline demi memastikan bahwa juaranya memang menang secara layak, jujur dan adil," ujar Dwi.

Baca juga : Arsha Naufal Mauritzan 55 Medali Olimpiade Matematika

Ia menjelaskan, Eduversal mengadakan kompetisi ini untuk menumbuhkan kecintaan anak didik kepada matematika dan STEM (science, technology, engineering, dan mathematics).

 Ajang itu juga menjadi wadah kompetisi matematika bergengsi tingkat nasional untuk siswa Indonesia mulai tingkat SD sampai SMA.

"Untuk mendorong mereka bahwa pelajaran matematika tidak untuk ditakuti. Di sisi lain supaya siswa dapat mengembangkan kemampuan matematika dengan kualitas soal yang baik," lanjutnya.

Sekitar 3.500 siswa/i SD, SMP, dan SMA yang terdaftar dari berbagai wilayah di Indonesia telah mengikuti babak penyisihan pada lomba yang khusus bidang matematika ini secara daring pada Sabtu, 19 Oktober 2019.  

"Hasilnya 1.905 peserta lolos menjadi finalis dan mengikuti lomba secara serentak di berbagai pilihan test center yang tersebar." ujarnya.

Baca juga : Kompetisi Matematika Daring Baru Pertama Kali Digelar

Pada setiap kelas ditentukan 4 peserta dengan nilai tertinggi yang diperoleh pada babak final yang diadakan secara luring di 17 test center yang dapat dipilih.

Ada 17 test center yang mengadakan Final EMC 2019 yaitu Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Selatan, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan.

"Ini adalah kompetisi matematika daring dengan peserta terbanyak se-Indonesia ini. Rencananya kompetisi ini akan kami gelar setiap tahun untuk mendorong siswa di Indonesia mencintai pelajaran Matematika," terangnya.

Pengumuman nama masing-masing pemenang Eduversal Mathematics Competition (EMC) 2019 dapat dilihat melalui laman kompetisi.net dan di media sosial EMC. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT