04 December 2019, 06:30 WIB

Garuda Muda Penuhi Target Ganda


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

ANTARA/Sigid Kurniawan
 ANTARA/Sigid Kurniawan
Garuda Muda Penuhi Target Ganda

TIMNAS Indonesia U-22 sukses memenuhi dua target yang harus didapat saat menghadapi Brunei Darussalam dalam lanjutan penyisihan Grup B cabang sepak bola SEA Games 2019. Dalam laga di Binan Football Stadium, Binan, kemarin malam, skuad ‘Garuda­ Muda’ mampu meraup tiga poin setelah mencetak kemenangan dengan skor telak 8-0.

Seusai laga, pelatih timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri mengaku puas dengan pesta gol yang dilakukan tim asuhannya­ ke gawang Brunei. Ia mengaku kemenangan dengan banyak gol yang didapat menang sesuai dengan target yang dicanangkan.

“Alhamdulillah seperti target yang kita canangkan sebelum pertandingan. Melawan Brunei kita perlu menang dengan banyak gol. Alhamdulillah target tercapai berkat kerja keras para pemain dan menjaga peluang kita untuk lolos ke empat besar,” kata Indra.
Kemenangan besar atas Brunei membuat Indonesia kembali naik ke posisi dua klasemen. Dengan poin sama, 9, Indonesia menggeser Thailand yang turun ke posisi ketiga.

Indonesia unggul selisih gol atas Thailand yang kemarin menang 2-0 atas Laos, sedangkan posisi pertama masih ditempati Vietnam.

Kemenangan dengan skor atas Brunei membuat langkah Indonesia menuju semifinal menjadi lebih ringan. Di laga terakhir melawan Laos, Kamis (5/12), Indonesia diprediksi tidak akan sulit mengatasi perlawanan lawan untuk merebut poin maksimal.

Sementara itu, Thailand, di laga terakhir harus melakoni partai hidup mati menghadapi Vietnam. Walau belum terkalahkan di empat laga, Vietnam butuh sedikitnya hasil imbang melawan Thailand untuk memastikan satu tempat di semifinal.

Kemenangan atas Vietnam juga belum menjadi jaminan Thailand untuk lolos karena. tim ‘Negeri Gajah Putih’ itu harus menunggu hasil laga Indonesia melawan Laos. “Lawan Laos yang jelas kita siapkan tim sebaik mungkin, bersyukur tidak ada pemain yang cedera. Yang penting kita menang, pengin aman betul kita menang lebih dari dua gol ya,” kata Indra.


Hattrick Osvaldo Haay

Melawan Brunei, prediksi timnas Indonesia U-22 tampil menyerang terbukti. Butuh kemenangan dengan skor besar, Indra Sjafri kembali menurunkan trio Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani, dan Osvaldo Haay di lini depan sejak menit pertama.

Hasilnya, 10 menit berjalan Indonesia mampu unggul melalui Osvaldo Haay. Lalu, di menit ke-39, Egy Maulana Vikri menggandakan keunggulan ‘Garuda Muda’. Osvaldo kembali mencatatkan namanya di papan skor seusai mencetak gol pada menit ke-45. Skor 3-0 untuk Indonesia bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, ‘Garuda Muda’ sama sekali tidak menurunkan tempo permainan. Hasilnya lima gol dapat dilesakkan ke gawang Brunei.

Saddil Ramdani membuka keran gol Indonesia di babak kedua melalui golnya di menit ke-50. Kemudian, Witan Sulaiman mencetak gol kelima pada menit ke-68 memanfaatkan umpan Egy Maulana Vikri.

Gol keenam lahir dari kaki Osvaldo Haay, sekaligus mencetak­ hattrick pada menit ke-70. Gol ketujuh Indonesia lahir dari tandukan Andi Nugroho­ di menit ke-76. Gol kedelapan Indonesia lahir dari aksi individu Egy Maulana Vikri pada menit ke-78. (R-1)

 

 

BERITA TERKAIT