04 December 2019, 05:55 WIB

Messi kembali Sendiri di Puncak Tertinggi


MI | Sepak Bola

AFP
 AFP
Lionel Messi

SATU lagi sejarah dibuat Lionel Messi. Kapten timnas Argentina dan klub ­Barcelona itu menjadi pesepak bola pertama yang mampu enam kali meraih gelar bergengsi Ballon D’Or, trofi bagi pemain terbaik dunia.

Messi merebut Ballon d’Or 2019 setelah mengumpulkan poin terbanyak. Ia ­menyingkirkan bek ­Liverpool Virgil van Dijk serta bintang Juventus Cristiano Ronaldo yang berada di posisi dua dan tiga. Trofi keenamnya itu diterima Messi dari peraih Ballon d’Or tahun lalu, Luka Modric, dalam acara di ­Chatelet Theatre, Paris, kemarin dini hari.

Gelar keenam tersebut sekaligus menjadi pembalasan Messi terhadap Ronaldo, peraih lima Ballon d’Or, yang memecundanginya pada 2016 dan 2017.

“Saat Ronaldo menyamai pencapaian saya dengan merebut gelar kelima pada 2017, hal itu sangat menyakitkan. Saat itu saya tidak lagi sendirian menjadi ­pemain yang merebut lima gelar,” ungkap Messi yang terakhir kali merebut Ballon d’Or pada 2015.

Secara individu, Messi memang layak menjadi pemain terbaik di dunia tahun ini. Pasalnya, ia tampil ­produktif selama satu tahun ­belakangan dengan men-cetak 40 gol dan membuat 17 assist. Ia pun sukses membawa Barcelona meraih gelar La Liga musim 2018/2019. Di musim ini, Messi telah menorehkan 11 gol dari semua kompetisi.

Sepanjang kariernya, Messi sejatinya sudah merebut berbagai penghargaan dan trofi bergengsi. Mulai gelar juara Liga Spanyol, Liga Champions, Copa del Rey, Piala Super Eropa, hingga Piala Dunia Klub.
Namun, Messi belum mampu menunjukkan prestasi terbaik bersama timnas Argentina, baik di kancah Piala Dunia maupun Piala Libertadores.

Di usia yang telah menginjak 32 tahun, pemain berjuluk La Pulga itu hanya memiliki sisa waktu terbatas untuk meraih prestasi yang belum pernah dicapainya itu. Ajang Piala Dunia 2022 Qatar diyakini menjadi kesempatan terakhir Messi untuk mempersembahkan trofi juara bagi Argentina.   

“Saya menyadari usia saya dan saya tahu waktu terus berlalu. Saya tahu bahwa waktu untuk pensiun semakin dekat,” ujar Messi.

Kesuksesan Messi merebut gelar keenam sekaligus membawa Barcelona ­sementara unggul atas musuh abadi, Real Madrid, dalam ­mencetak pemain terbaik di dunia. Gelar yang diraih Messi tahun ini menjadi gelar Ballon d’Or ke-12 yang diraih pemain Barcelona sepanjang sejarah. Real Madrid telah meraih 11 gelar yang sama.

“Ia pantas menerima trofi ini. Ia salah satu pemain terbaik di dunia. Selamat untuk Messi,” ungkap Modric, pemain terakhir Real Madrid yang merebut Ballon d’Or. (AFP/Ykb/R-1) 

BERITA TERKAIT