03 December 2019, 20:40 WIB

Ini 7 Polda yang Direncanakan Naik Status oleh Mabes Polri


Ferdian Ananda Majni | Politik dan Hukum

MI/Andry Widyanto
 MI/Andry Widyanto
Karopenmas Divhumas Polri Birgjen Argo Yuwono

MARKAS Besar Polri berencana untuk meningkatkan status 7 Kepolisian Daerah dari Polda Tipe B menjadi Polda Tipe A/

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono mengungkapkan, Polda yang direncanakan untuk peningkatan status diantaranya Polda Babel, Gorontalo, Maluku Utara, Sulawesi Tenggara, dan Papua Barat.

Sejauh ini belum diketahui berapa Polda yang menjadi prioritas ditingkiatkan statusnya.

"Memang ada kebijakan dari Bapak Kapolri nanti untuk Polda yang saat ini masih tipe B akan kita naikkan menjadi tipe A. Ya secepatnya lah. Berkaitan drngan peningkatan itu kan perlu proses juga," kata Argo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (3/12).

Baca juga : Kapolda Kaltim Kukuhkan Polres Balikpapan Jadi Polresta

Peningkatan status Polda itu, lanjut Argo juga secara otomatis meningkatkan status pimpinan Polda tersebut dari sebelumnya dipimpin Jenderal bintang satu menjadi dipimpin Jenderal Bintang 2 (Inspektur Jenderal).

Dalam proses peningkatan status itu, polisi telah berkoordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

"Berkaitan dengan luas wilayah juga bisa. Kemudian tentang kriminalitasnya juga bisa. Semuanya beberapa indikator semuanya sudah kita pertimbangakan ya sesuai dengan kondisinya," pungkas Argo. (OL-7)

BERITA TERKAIT