03 December 2019, 18:51 WIB

Kain Tenun NTT Siap Masuk Pasar Dunia


John Lewar | Nusantara

MI/John Lewar
 MI/John Lewar
Ketua Dekranasdra NTT Julie Laiskodat

HASIL teknik tenun  dan karya berbagai kain motif masyarakat di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), sangat  menjanjikan bagi peluang pasar diberbagai belahan dunia.

"Pangsa pasar dunia sangat antusias menerima kain tenunan dari NTT.Saya pernah berkali kali membawa kain NTT ke berbagai invent internasional dan peminat begitu banyak," ujar Ketua Dekranasdra NTT Julie Laiskodat, Selasa (3/12)

Julie menyampaikan itu usai mengikuti kegiatan Sinergitas Pengembangan Potensi Kawasan Pariwisata di halaman Kantor Bupati Manggarai Barat (Mabar) bersama Kementrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah serta koperasi se daratan Flores.

Kecintaan Julie Laiskodat terhadap tenun ikat NTT begitu besar. Ia berharap tenunan NTT bisa merebut pasar internasional. Karenanya, Julie terus berupaya mendapatkan benang berkualitas.

Diakuinya, motif dan teknik pewarnaan tenun ikat NTT memiliki keunggulan tersendiri .

"Ciri khas mitive kita sangata beda dan sangat memikat pembeli. Teknik pewarnaan juga kita unggul. Namun, pasar butuh kain yang lebih halus,'' kata Julie.

Ia menambahkan, saat ini ia terus mencari benang berkualitas bagus untuk digunakan penenun NTT. Bahkan, selain mencari benang dalam negeri, ia berencana akan mendatangkan benang sutra dari China.

"Untuk sementara benang di datangkan dari jawah.Pasar dunia membutuhkan benang sutra,"ujar istri Gubernur Victor Laiskodat ini.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT