03 December 2019, 14:01 WIB

Desa Tebara Juara Kedua Desa Wisata Nusantara 2019


Alexander P Taum | Nusantara

Mi/Alex P Taum
 Mi/Alex P Taum
 Kampung Wisata Prai Ijing, Desa Tebara, Kecamatan Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Provinsi NTT, juara kedua Desa Wisata Nusantara 2019.

KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Direktorat Jendral Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa menetapkan Kampung Wisata Prai Ijing, Desa Tebara, Kecamatan Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Provinsi NTT, sebagi juara kedua lomba Desa Wisata Nusantara 2019 untuk kategori desa wisata berkembang. Desa Tebara menyingkirkan 8 pesaing dari 10 besar nominator Desa Wisata berkembang di Indonesia.

Desa Tebara dengan Wisata Kampung Prai Ijing seluas 2 Ha itu meraih nilai 1.121 atau terpaut 4 poin dari Desa Kembang Kuning, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat yang meraih nilai 1.125 dan menjadi juara pertama.

"Desa Tebara ditetapkan sebagai juara dua Desa Wisata Nusantara 2019 kategori Desa Berkembang. Kita mengakui keunggulan Desa Kembang Kuning di NTB lebih baik dari kita. Ini memacu kami untuk terus belajar mewujudkan kesejateraan bagi rakyat melalui pengelolaan dana Desa," ujar Kepala Desa Tebara, Marthen Ragowino Bira kepada Media Indonesia, Selasa (3/12/2019).

baca juga: Gara-gara Macet di Brexit, Nani Dapat Penghargaan ASN Inspiratif

Sementara itu, Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, melalui Sekretaris Direktorat Jenderal Rosyidah Rachmawati dalam keterangan tertulis menjelaskan penganugerahan Desa Wisata Nusantara ini akan dilaksanakan pada 9 Desember di Tebing Breksi, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Provinsi DIY. (OL-3).

 

BERITA TERKAIT