03 December 2019, 14:00 WIB

Petugas Terluka Saat Evakuasi Sarang Tawon Ndas


Gana Buana | Megapolitan

Ist
 Ist
Sarang Tawon Ndas.

SEORANG petugas pemadam kebakaran terluka saat mengevakuasi sarang tawon vespa afiinis atau tawon ndas di Kabupaten Bekasi. Tiga wilayah di Kabupaten Bekasi dikenal sebagai wilayah endemis

“Lukanya hanya bengkak, tapi sarang tawonnya sudah dimusnahkan,” ungkap Komandan Regu Tim Evakuasi dan Penyelamatan, Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi, Adhi Nugroho, Selasa (3/12).

Adapun, tiga wilayah yang saat ini menjadi fokus petugas dalam pemusnahan sarang tawon yakni Cikarang Timur, Sukatani, Tambelang dan Babelan. Pemusnahan dilakukan pada malam hari sebab lokasinya sangat berdekatan dengan permukiman warga.

Baca juga: Puluhan Sarang Tawon Ndas Dievakuasi

Adhi menjelaskan banyaknya koloni tawon yang bersarang di permukiman warga salah satunya disebabkan maraknya alih fungsi lahan dari pertanian menjadi permukiman atau industri di Kabupaten Bekasi. Kemudian, faktor peralihan dari musim hujan ke musim panas juga termasuk.

Untuk itu, Dinas Pemadam Kebakaran akan terus siaga jika ada warga yang melaporkan keberadaan sarang tawon predator tersebut. Warga yang berada di 23 kecamatan harus cepat melaporkan kepada pihaknya.

“Jika ada laporan langsung kita tindak lanjuti,” tauturnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT