03 December 2019, 13:34 WIB

Terdampak Badai, Sejumlah Pertandingan SEA Games Ditunda


Laporan Budi Ernanto dari Filipina | Olahraga

AFP/Simvale SAYAT
 AFP/Simvale SAYAT
Tembok di terminal Bandara di Legaspi City, dekat Manila hancur akibat Badai Kammuri 

PANITIA penyelenggara SEA Games 2019 (Phisgoc) menunda jadwal pertandingan sejumlah cabang olahraga yang berlangsung pada Selasa (3/12). Itu dilakukan akibat adanya ancaman Badai Kammuri yang melanda Filipina, mulai awal pekan ini.

Dari surat edaran yang dikeluarkan Phisgoc, cabang yang jadwalnya ditunda ialah yang dipertandingkan di luar ruangan dan di klaster Subic. Cabang-cabang itu antara lain voli pantai, kano, modern pentatlon, dan surfing.

"Penundaan bukan artinya SEA Games diperpanjang. Upacara penutupan tetap berlangsung pada Rabu (11/12). Ditunda juga hanya sehari dua hari," kata Komandan Kontingen (CdM) Indonesia Harry Warganegara kepada Media Indonesia di Manila.

Baca juga: Ayahanda Wafat, Edgar Tetap Tegar dan Sumbang Emas

Menurut Harry, dirinya telah meminta jajarannya untuk mengutamakan keselamatan. Sehingga apa pun yang disarankan Phisgoc dan otoritas Filipina wajib diikuti.

"Keselamatan nomor satu, baru berikutnya medali emas," kata Harry.

"Walau ada konsekuensi yang kemudian harus kami tanggung, misalnya menambah uang saku atau mengubah jadwal pulang. Ini kan force majeur, bukan berarti karena ada badai lalu harus tetap di Manila, tapi tidak ada uang saku tambahan," kata dia lagi.

Tidak hanya di Subic, cabang tenis yang dilombakan di Manila juga kena imbas.

Menurut pihak Persatuan Tenis Lapangan Indonesia (Pelti), Phisgoc memutuskan meniadakan pertandingan semifinal yang berlangsung pada Selasa (3/12). (OL-2)

BERITA TERKAIT