03 December 2019, 11:14 WIB

Pemkot Bekasi Berencana Ubah BUMD Jadi PD


Gana Buana | Megapolitan

ANTARA FOTO/Risky Andrianto
 ANTARA FOTO/Risky Andrianto
Pekerja mengoperasikan kolam pengolahan air bersih di instalasi Water Treatment Plant (WTP) PDAM Tirta Patriot Bekasi

PEMERINTAH Kota Bekasi berencana mengubah Badan Usaha Milik Daerah menjadi Perusahaan Daerah. Hal ini dilakukan dengan usulan pembuatan peraturan daerah yang mengatur hal tersebut pada 2020.

“Ada salah satu perda yang diajukan pemerintah terkait perubahan badan usaha menjadi perusahaan daerah,” ungkap Anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Bekasi, Abdul Muin, Selasa (3/12)

Muin mengatakan pada 2020 program legislasi daerah (Prolegda) ditargetkan menghasilkan 11 produk hukum daerah. Tujuh di antaranya adalah usulan dari pemerintah dan empat lainnya adalah dari legislator.

Baca juga: Dimonopoli BUMD, Harga Sewa Jaringan Utilitas Jadi Selangit

Pemerintah mengusulkan salah satunya adalah rancangan perda untuk mengubah BUMD menjadi perusahaan daerah. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan pelayanan masyarakat.

“Agar pihak ketiga bisa ikut berinvestasi,” kata dia.

Namun, lanjut Muin, legislator keberatan apabila PDAM Tirta Patriot diubah menjadi perusahaan daerah. Sebab, air bersih merupakan kebutuhan pokok dasar warga.

Apabila PDAM berubah menjadi perusahaan daerah maka sebagian saham kemungkinan akan dimiliki oleh pihak ketiga. Imbasnya adalah harga air bersih untuk warga akan naik.

“Jadi masih akan kita bahas bersama mana yang harus dijadikan pengecualian,” ungkapnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT