03 December 2019, 10:30 WIB

AS Berlakukan Tarif Baja dan Aluminium pada Brasil dan Argentina


Basuki Eka Purnama | Internasional

AFP/MAURICIO LIMA
 AFP/MAURICIO LIMA
Pekerja baja di Brasil

PRESIDEN Amerika Serikat Donald Trump, Senin (2/12), mengumumkan rencana tarif terhadap baja dan aluminium asal Brasil dan Argentina sebagai langkah balasan atas apa yang disebutnya kebijakan yang tidak adil.

Langkah Trump itu tampaknya mengejutkan Presiden Brasil Jaur Bolsonaro yang memandang dirinya sebagai rekan ideologis Prasiden AS itu.

"Brasil dan Argentina tengah melakukan devaluasi besar-besaran terhadap mata uang mereka yang merugikan petani AS," ungkap Trump lewat Twitter.

"Berlaku secepatnya, saya akan kembali memberlakukan tarif terhadap baja dan aluminium yang dikirim ke AS dari kedua negara itu," imbuhnya.

Baca juga: Tiongkok Sanksi AS atas Kerusuhan Hong Kong

Trump, tahun lalu, mengumumkan tarif global sebesar 25% untuk baja dan 10% untuk aluminium namun memberi pengeculian terhadap beberapa negara, termasuk Argentina dan Brasil, setelah kedua negara menyepakati kuota.

Bolsonaro berusaha meredakan masalah itu dengan mengatakan dirinya akan meminta Trump untuk mengerti posisi Brasil sembari mengaku dirinya memiliki sambungan langsung dengan Presiden AS itu jika diperlukan.

Dalam sebuah wawancara radio, Bolsonaro mengatakan, "Saya harap dia mengerti dan tidak menghukum kita terkait masalah ini."

Dari Argentina, Kementerian Tenaga Kerja dan Produksi mengatakan mereka akan meminta penjelasan dari AS soal tarif itu dan berencana mengandeng Brasil untuk menggelar tanggapan bersama atas keputusan AS itu. (AFP/OL-2)

 

BERITA TERKAIT