03 December 2019, 07:45 WIB

Polri Siapkan Operasi Lilin untuk Pengamanan Natal dan Tahun Baru


Ferdian Ananda Majni | Politik dan Hukum

MI/ANDRI WIDIYANTO
 MI/ANDRI WIDIYANTO
Karopenmas Polri Brigjen Pol Argo Yuwono (tengah) 

KEPALA Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Argo Yuwono mengatakan pihaknya telah merancang adanya Operasi Lilin dalam rangka pengamanan libur Natal dan Tahun Baru 2020.

"Dari Mabes Polri juga akan mengadakan Operasi Lilin. Tentunya ini masih direncakan. Nanti berdasarkan hasil analisa intelejen, seperti apa pengamanannya," kata Argo di kawasan Jakarta Timur, Senin (2/12).

Pengamanan Natal dan Tahun Baru ada beberapa kegiatan yang telah dilakukan untuk menciptakan rasa aman di kalangan masyarakat. Kata Argo, ada beberapa kegiatan rutin yang dilakukan polisi untuk mencegah kejahatan.

Sementara itu, polisi masih menunggu laporan perkiraan keadaan (kirka) intelijen. Selanjutnya, Asisten Operasional Kapolri akan merencanakan operasi tersebut.

"Nanti dari Asops Kapolri akan merencakan pengamanannya, terkait berapa personel yang dilibatkan, baik itu dari tingkat Mabes Polri sampai tingkat daerah," sebutnya.

Baca juga: Desember Tiba, Polri terus Berdalih soal Kasus Novel

Dia menambahkan, dalam perencanaan itu juga akan ditetapkan wilayah Polda yang menjadi prioritas peningkatan pengamanan, baik di pusat pembelanjaan, tempat ibadah dan rekreasi hingga pengaturan lalu lintas.

"Misalnya untuk mengamankan jalur lalu lintas agar kegiatan akhir tahun tidak terjadi kemacetan, kejahatan. Jadi nanti semua kita lakukan pengamanan. Yaitu pengamanan di lokasi-lokasi perumahan, di daerah seluruh Indonesia," lanjutnya

Argo tidak menyebut wilayah Polda mana saja yang menjadi prioritas pengamanan. Namun, ia memastikan setiap daerah akan memetakan dan melaporkan kondisi terkini keamanan wilayah masing masing.

"Nanti semua Polda kan akan melaporkan, mengidentifikasi. Tentunya kami berharap bahwa kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar, aman, dan tidak terjadi apapun," pungkasnya. (OL-2)

BERITA TERKAIT