02 December 2019, 19:50 WIB

PKL Senen Pilih Dipindah ke Pasar Baru daripada Pasar Kenari


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

MI/Fransisco Carolio Hutama Gani
 MI/Fransisco Carolio Hutama Gani
PKL Pasar Senen

WAKIL Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi, menuturkan, pedagang kaki lima (PKL) yang biasa berjualan Pasar Senen akan direlokasi ke Metro Atom Plaza, Pasar Baru. Pemindahan itu disebabkan para PKL menolak dipindahkan ke Pasar Kenari.

"Kemarin kami sudah komunikasi, yasudah, kalau enggak mau ke Kenari, kita ke Pasar Baru, Pasar Atom. Sudah koordinasi ke Pasar Jaya, sudah oke pasar jaya mau. Sebagian Pedagang mau, kalau APRJ enggak mau, silakan," jelas Irwandi saat dihubungi, Jakarta, Senin (2/12).

Relokasi PKL ke Pasar Baru ditargetkan pada (8/12). Lebih lanjut Irwandi menuturkan pihaknya memberika dua opsi tawaran kepada PKL. Yakni, para PKL dipindahkan ke Pasar Atom secara gratis atau pindah ke Pasar Senen Blok III dengan membayar harga kios Rp270 juta.

"Blok III sudah ditawarkan oleh Pasar Jaya. Ada 39 (pedagang mau), silakan saja proses," jelas dia.


Baca juga: Warga Protes Pertigaan Metland Transyogi Penyebab Kemacetan Parah


Saat ini sudah disiapkan 108 kios di Pasar Baru. Sementara, jumlah pedagang yang masih bertahan di Pasar Senen sebanyak 104 pedagang. Pemkot juga sudah melakukan sosialisasi terkait pemindahan ini.

Lalu, para PKL di trotoar Senen yang dipindah ke Pasar Atom juga akan digratiskan selama enam bulan pertama. Kemudian, harga sewa kios akan dikaji dari kemampuan para pedagang.

"Nanti sewanya juga dilihat dari kemampuan pedagang. Buktinya pedagang sekarang ini ada itu kan juga masih menikmati tenggat enam bulan," tandas Irwandi. (OL-1)

BERITA TERKAIT