02 December 2019, 18:58 WIB

Timnas Bola Basket 3X3 Raih Medali Perak


Budi Ernanto | Olahraga

Antara/SIGID KURNIAWAN
 Antara/SIGID KURNIAWAN
: Pebasket Indonesia Rivaldo Pangesthio (kiri) mendribel bola dibayangi pebasket Filipina Moala Tautuaa dalam final bola basket 3x3 putra.

TIM Nasional Bola Basket 3X3 putra Indonesia hanya bisa meraih medali perak di SEA Games 2019 di Filipina. Oki Wira Sanjaya, Surliyadi, Muhammad Sandy Ibrahim Azis, dan Rivaldo Tandra Pangesthio harus menyerah dari tuan rumah Filipina, 9-21 di babak final yang berlangsung di Fil Oil Flying V Arena, Manila, Filipina, Senin (2/12).

Indonesia di laga tersebut tidak mampu menahan serangan-serangan pemain Filipina sama seperti ketika bertemu di babak penyisihan. Sebelumnya Indonesia telah kalah dari Filipina, 17-19.

Baca juga: Tim Beregu Putra Selangkah Menuju Emas SEA Games

Di babak semifinal, Indonesia berhasil membalas kekalahan dari Vietnam. Mengatur tempo membuat Indonesia sukses menundukkan Vietnam 20-18. Sebelumnya, di babak penyisihan, Tim 'Merah-Putih' kalah 17-19.

Filipina berhasil memboyong dua medali emas dari 3X3. Sebelumnya tim putri mereka sukses meraih podium pertama setelah di babak final menundukkan Thailand 17-13.

Cabang bola basket 3X3 seperti diketahui baru pertama kali ini dipertandingkan dalam SEA Games. Timnas Indonesia sebenarnya mengincar medali emas, namun ternyata Filipina selaku tuan rumah, banyak diperkuat pemain keturunan Amerika Serikat dan tampil lebih perkasa. (Beo/A-5)

BERITA TERKAIT