01 December 2019, 16:37 WIB

Massa Reuni PA 212 Mulai Datangi Monas


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

ANTARA/BIMA SENA
 ANTARA/BIMA SENA
Umat muslim mengikuti aksi reuni 212 di Monas, Jakarta, Minggu (2/12/2018).

MASSA yang hendak mengikuti reuni PA 212 mulai datang ke Monas, Minggu (1/12). Meski masih dalam jumlah kecil, massa mulai tiba di Monas Minggu siang dan mendirikan tenda-tenda untuk keperluan logistik serta kesehatan.

Tidak hanya itu, ada pula massa yang sampai lalu beristirahat menempati jalur hijau dekat dengan area panggung di sisi Barat Daya Monas.

Naziah, 14, misalnya telah tiba di Monas pada pukul 13.00 WIB setelah menempuh perjalanan selama delapan jam dari Kabupaten Bandung. Siswi Pesantren Al Kasyaf ini menuturkan tiba lebih awal di Monas karena jarak yang cukup jauh.

"Kita datang lebih awal karena kita jauh kan. Daripada datang ngepas nanti malah kecapekan," kata Naziah ditemui Media Indonesia, Minggu (1/12).

Ia tiba bersama rombongan dari pesantren tempatnya menimba ilmu. Ada sekitar 80 orang yang datang bersama Naziah dengan menumpangi satu bus serta dua minibus.

"Dari pesantren memfasilitasi," ungkapnya.

Baca juga: Massa Reuni 212 Dilarang ke Tugu dan Jalur Hijau Monas

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Adwa, 13, yang juga siswi Pesantren Al Kasyaf mengungkapkan ia sudah mengikuti PA 212 sejak pertama agenda pertemuan tersebut dilakukan pada 2016 silam.

Adwa beserta teman-teman satu pesantrennya pun tidak absen saat reuni akbar diselenggarakan setiap tahun hingga penyelenggaraan ketiga kalinya tahun ini.

"Isu-isu politiknya sih kita tidak begitu tahu. Tapi yang kita inginkan datang ke sini jauh-jauh ya ingin menikmati suasana berdoa berjamaah," tuturnya.

Sementara itu, reuni akbar PA 212 rencananya akan dilakukan pada Senin (2/12) dimulai dengan agenda Shalat Tahajud pada pukul 02.00 WIB serta doa bersama dan salat Subuh. Dalam jadwal yang diterima Media Indonesia, acara akan dilangsungkan hingga pukul 11.30 WIB dan massa akan pindah ke Masjid Istiqlal untuk salat Zuhur berjamaah. (A-4)

BERITA TERKAIT