01 December 2019, 16:01 WIB

1 Desember, Situasi Papua Kondusif


Tri Subarkah | Politik dan Hukum

Antara
 Antara
Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw menyatakan kondisi Papua sangat kondusif. 

TANGGAL 1 Desember kerap dikaitkan dengan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM). Pada agenda tahunan tersebut, Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw memastikan situasi Papua dalam keadaan yang kondusif.

"Hari ini aman kondusif," kata Paulus saat dihubungi Media Indonesia, Minggu (1/12/2019).

Menurut Paulus, hal itu merupakan bentuk nyata dari sinergitas antara pemangku kepentingan dengan masyarakat Papua yang sudah disiapkan jauh-jauh hari.

"Artinya bahwa pemerintah, TNI-Polri, tokoh agama, tokoh adat, masyarakat semua sudah disinergikan, dikomunikasikan dengan baik," papar Paulus.

Apalagi, lanjut Paulus, sejak kerusuhan di Wamena dan Jayapura pada September lalu, pemerintah telah membangun komunikasi yang lebih intensif di bumi Cendrawasih. Komunikasi tersebut dianggapnya telah memberikan dampak yang positif bagi masyarakat Papua.

"Jadi artinya sekarang terjawab. Hasil komunikasi itu efektif, termasuk hadirnya Bapak Presiden, Pangila TNI, Kapolri, Menkopolhukam, Mendagri, semua pimpinan kan hadir untuk memberikan perhatian pada masyarakat Papua," terang Paulus.

Senada dengan Paulus, Kepala Penerangan Kodam XVII/ Cenderawasih Kolonel Cpl Eko Daryanto menyebut masyarakat Papua melakukan aktifitas dengan lancar hari ini. Bertepatan dengan hari Minggu, banyak masyarakat Papua yang melakukan ibadah hari ini.

baca juga: Humphrey: 212 Jadi Kebanggaan, tak Masalah Digelar Tiap Tahun

Walakin, pihaknya tetap meningkatkan kewaspadaan untuk menghindari kegiatan yang mengganggu stabilitas. Eko mengatakan TNI akan terus mendukung keamanan di Papua.

"Ada imbauan dari Pak Kapolda Irjen Paulus Waterpauw-red) jangan ada kegiatan-kegiatan atau upacara yang mengganggu kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat). Itu akan ditindak tegas oleh kepolisian, kita (TNI) akan mem-back-up," pungkasnya. (OL-3)

BERITA TERKAIT