01 December 2019, 15:27 WIB

Tanggul Bengawan Solo Jebol 100 Meter


Faishol Taselan | Nusantara

Antara
 Antara
Tanggul Bengawan Solo rawan jebol dan kondisinya sangat kritis. 

MEMASUKI musim hujan, tanggul penahan air di Bengawan Solo tepatnya di Plumpongan Tuban jebol sepanjang 100 meter. Kondisi ini bisa membahayakan apabila air naik ke permukaan. Kondisi tanggul jebol ini telah dicek langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Sabtu (30/11/2019).

"Tanggul Bengawan Solo tersebut diketahui jebol sejak tiga hari lalu. Gubernur ingin memastikan bahwa tanggul ditangani dengan baik," kata Kabiro Humas dan Protokol Pemprov Jawa Timur, Aries Agung Paewai di Surabaya, Minggu (1/12/2019).

Menurutnya, tanggul tersebut jebol akibat tidak bisa menahan arus air yang agak deras saat itu akibat hujan deras.

"Tim tanggap darurat mengantisipasi agar jebolnya tanggul tidak meluas dan tidak sampai masuk ke perkampungan," katanya.
      
Jadi, lanjut dia, langkah saat ini dilakukan penanggulan sementara dengan menggunakan karung berisi pasir disangga dengan tiang-tiang agar tidak menggeser arus air.

baca juga: Formasi CPNS Khusus Disabilitas di Babel Hanya Dua Pelamar
      
"Ini juga sebagai langkah darurat agar saat curah hujan makin tinggi tidak makin memperparah jebolnya tanggul," ujarnya.
      
Akibat jebolnya tanggul, tambah dia ada satu desa yang terdampak. Namun tidak sampai ada warga yang diungsikan akibat tanggul yang jebol.(OL-3)

 

BERITA TERKAIT