01 December 2019, 14:17 WIB

Tol Layang AP Pettarani Ditargetkan Selesai Juni 2020


Lina Herlina | Nusantara

MI/Lina Herlina
 MI/Lina Herlina
Penjabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb menyatakan tol layang AP Pettarani Makassar sudah berada pada grafik penyelesaian.

PEMBANGUNAN jalan tol layang Andi Pangerang Pettarani, masih dalam tahap pengerjaan dan diharapkan dapat rampung pada Juni 2020 mendatang. Jalan tol layang pertama di luar Pulau Jawa dengan panjang 4,3 kilometer ini diharapkan dapat menjadi percontohan di Indonesia.

Dari laporan yang diterima Penjabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb disebutkan tol layang AP Pettarani Makassar sudah berada pada grafik penyelesaian. Tinggal beberapa tahapan, ikon kota Makassar ini sudah bisa dinikmati oleh warga Makassar.

"Bukan hanya sekedar selesai pembangunannya namun kehadirannya mampu menambah estetika tanah daeng. Progres pengerjaan yang signifikan ini patut kita acungi jempol. Namun perlu diingat juga bahwa kehadirannya nanti upayakan bukan sekedar jalan tol biasa saja," urai Iqbal, pada forum kelompok diskusi tentang tol di Makassar, Sabtu (31/11/2019).

Dia menambahkan kehadiran tol layang akan membantu kelancaran arus lalu lintas. Ditambah juga harus diperhatikan market pasar beberapa perusahaan maupun bangunan yang ada di sekitar Jalan AP Pettarani.

Sebelumnya, Projects Manager PT Wijaya Karya Beton Tbk, Didi Rustadi sebagai rekanan PT Nusantara Infrastruktur yang membangun Jalan Tol Layang AP Pettarani menjelaskan, jalan tol yang dikerjakan sejak 2 April 2018 harusnya dikerjakan selama 22 bulan.

baca juga: Pembangkit Listrik Tenaga Bayu Pertama akan Dibangun di NTT

"Proyek tersebut, rencananya ditargetkan rampung Februari 2020, atau 22 bulan kalender. Namun karena ada penambahan pekerjaan pemindahan pipa Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), sehingga pekerjaan sedikit terlambat," ungkap Didi Rustadi.

Proyek senilai Rp 1,6 triliun itu merupakan kategori proyek konstruksi sipil. Jenis proyek jalan dan jabatan berlokasi di Kota Makassar dengan konstruksi spesifik box girder. Dengan panjang jalan tol sekitar 4.375 meter, lebar jalan main road 2 x 10,3 meter, dan lebar jalan ramp 7,0 meter. (OL-3)

BERITA TERKAIT