28 November 2019, 22:45 WIB

Aplikasi Teman Bumil Terus Mengedukasi Para Ibu Cegah Stunting


Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora

Istimewa
 Istimewa
Talk show dalam Rangka Ulang Tahun Teman Bumil ke-2 bertema 

BERSAMAAN perayaan ulang tahun kedua, Teman Bumil, aplikasi untuk ibu hamil dan tumbuh kembang anak Indonesia ini, terus melakukan inovasi.

Setelah berhasil menjangkau 800 ribu ibu di seluruh Indonesia, Teman Bumil pun resmi meluncurkan dua fitur terbaru, yaitu Birth Club dan Produk. Fitur tersebut menjadi bagian bentuk apresiasi dan usaha untuk memerangi stunting.

Bahkan pada 15 November 2019, Teman Bumil, melalui CEO dan Co-founder Teman Bumil, Robyn Soetikno, mendapatkan penghargaan dari Kantor Staf Kepresidenan atas komitmennya memerangi stunting di Indonesia.

Robyn menje;askan bahwa pencegahan stunting harus mulai sejak sebelum ibu hamil. Dengan berbagai fitur yang ada di aplikasi Teman Bumil, yang mencerahkan para ibu, diharapkan bisa membantu edukasi dalam mencegah stunting pada anak.

“Kami ingin menjadi bagian dalam pencegahan stunting pada anak di Indonesia dan menemani para ibu agar mereka nyaman menemani tumbuh kembang anak-anak,” jelas pada talk show bertema “Kiat Sukses MengASIhi” di Artotel Thamrin, Jakarta, Kamis (28/11).

Birth Club adalah support group yang disediakan sebagai wadah komunikasi antar sesama ibu untuk berkomunikasi satu sama lain. Para ibu bisa bergabung ke Birth Club sesuai dengan HPL (Hari Perkiraan Lahir) atau bulan lahir si Buah Hati.

Fitur Birth Club Teman Bumil dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan ibu yang ingin berbagi pengalaman dengan sesama ibu terutama mengenai usaha pencegahan stunting, seperti pemenuhan nutrisi yang tepat selama hamil, proses menyusui dan pemberian ASI.

Robyn Soetikno, Co-Founder Teman Bumil mengatakan, ini sejalan dengan hasil survei yang dilakukan Teman Bumil terhadap 749 ibu.

Saat ditanyakan, apakah para ibu membutuhkan dukungan dari ibu lain, hasilnya 97,6% membutuhkan. Selain itu, hampir 50% pun memilih bergabung dengan komunitas online atau melalui aplikasi khusus kehamilan, namun hanya 7% saja yang memilih bergabung dengan komunitas secara online.

“Dari hasil survei juga ditemukan, hal-hal yang kerap ditanyakan atau dibagi dalam support group online adalah seputar kehamilan sebanyak 70,6% dan 26% untuk topik tumbuh kembang anak termasuk menyusui,” kata Robyn.

Mengenai fitur Produk, Robyn menjelaskan, fitur tersebut hadir untuk memberikan kemudahan bagi para ibu dalam memilih produk yang tepat. Ada banyak rekomendasi produk kehamilan, menyusui, bayi, hingga balita yang terdapat dalam satu fitur. Bahkan didukung dengan spesifikasi san perkiraan harga produk.

Hal senada juga diungkapkan Sandra Dewi, artis cantik sekaligus Brand Ambassasor Teman Bumil.

Dia mengakui bahwa banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan adanya fitur Birth Club. Untuk bergabung dengan Birth Club Teman Bumil, caranya sangat mudah, cukup download aplikasi Teman Bumil. Lalu , buka kanal Forum dan temukan Birth Club yang sesuai dengan Hari Perkiraan Lahir atau bulan lahir Buah Hati.

“Pastinya, Teman Bumil akan terus berinovasi agar dapat terus memenuhi harapan para ibu di seluruh Indonesia. Dimana, Teman Bumil pun akan terus memberikan dukungan pada pencegahan stunting dalam rangka membangun generasi emas,” tegas Robyn.

 

BERITA TERKAIT