30 November 2019, 22:31 WIB

Milenial Diminta Hadirkan Pemikiran Inovatif di Era Disrupsi


mediaindonesia.com | Humaniora

Dok. Uhamka
 Dok. Uhamka
Seminar Teknoka 4 Fakultas Teknik Uhamka

TANTANGAN nyata di era digital ialah mengasah kemampuan untuk berpijak dengan standar kehidupan berbasis teknologi. Karena itu generasi milenial dituntut mampu berpikir inovatif di era disrupsi saat ini, untuk menjawab tantangan di era digital.

Hal itu ditegaskan Dekan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) Sugema dalam Seminar Nasional teknologi (Teknoka-4) yang mengusung tema Inovasi Teknologi : Smart, Lean, an Green di Era Disruptif di Jakarta, Sabtu (30/11).

Menurut Sugema, generasi di era disruptif harus mampu mengembangkan pemikiran yang inovatif dan menghasilkan inovasi teknologi yang smart dan ramah lingkungan, serta menjalankan amanah perguruan tinggi untuk memberikan pemahaman tentang tantangan dan peluang di era disrupsi bagi masyarakat.

Saat ini, menurut Sugema merupakan puncak dari revolusi industri yang ditandai dengan tren otomatisasi dan lahirnya teknologi digital yang berdampak pada kehidupan masyarakat.

"Revolusi industri  terkini atau generasi keempat (4.0) mendorong sistem otomatisasi dan digitalisasi di hampir semua aktivitas manusia. Akibatnya, perubahan besar pun melanda dunia bisnis dan entrepreuneurship," katanya seperti dalam keterangan tertulis.

Baca juga : Perkuat Pasar Indonesia, Experian Buka Kantor Baru di Jakarta

Teknoka-4 yang digelar Fakultas Teknik Uhamka, menurut Sugema, menjadi salah satu upaya dalam menumbuhkembangkan pemikiran inovatif mahasiswa Uhamka di era disrupsi.

Sejumlah pembicara ahli di bidang teknologi pun dihadirkan oleh Uhamka, diantaranya, Ketua Dewan riset Nasional Bambang Setiadi, Senior Member of IEEE Mudrik Alaydrus, dan Wakil Rektor 1 Uhamka Abd Rahma A. Gani.

Selain diskusi, diselenggarakan juga sesi publikasi hasil penelitinan dosen dan mahasiswa Uhamka yang diharapkan mampu dimanfaatkan untuk kemajuan bangsa kedepannya.

"Kami berharap, Teknoka-4 dapat memberikan gambaran pentingnya menyiapkan diri menghadapi tantangan, peluang, dan realita yang dihadapi di era revolusi industri 4.0 serta upaya untuk menyiapkan generasi yang inovatif, kreatif, dan kompetitif," pungkas Sugema. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT