30 November 2019, 22:12 WIB

Madrid Puncaki Klasemen Setelah Taklukan Alaves


Antara | Sepak Bola

ANDER GILLENEA / AFP
 ANDER GILLENEA / AFP
Para pemain madrid merayakan gol yang dicetak Sergio Ramos ke gawang Alaves.

REAL Madrid merebut pucuk klasemen Liga Spanyol setelah menang 2-1 di kandang Deportivo Alaves, dalam pertandingan Liga Spanyol yang dimainkan di Stadion Mendizorroza, Vitoria-Gasteiz.

Tambahan tiga poin membuat Real menggeser Barcelona di pucuk klasemen dengan koleksi 31 poin, sedangkan Alaves tetap menghuni peringkat ke-13 dengan 18 poin, demikian dilansir laman resmi Liga Spanyol.

Real yang mendominasi jalannya pertandingan mendapatkan peluang bagus pertama pada menit kesepuluh, melalui sundulan Gareth Bale yang gagal diantisipasi kiper Fernando Pacheco namun bola masih membentur tiang gawang.

Los Blancos memiliki beberapa peluang melalui sepakan Bale, Isco, dan Karim Benzema, namun belum ada satupun ancaman nyata terhadap gawang Alaves.

Baca juga: Sebabkan Hazard Cedera, Meunier Minta Maaf

Tim tuan rumah sendiri bukannya tanpa peluang. Beberapa kali mereka mengancam melalui pergerakan Ruben Duarte dan Lucas Perez, tetapi sampai turun minum tidak ada gol tercipta.

Real akhirnya memecah kebuntuan melalui situasi bola mati pada menit ke-52. Toni Kroos melepaskan tendangan bebas melengkung ke dalam kotak penalti Alaves, yang dapat ditanduk dengan sempurna oleh Sergio Ramos untuk menjadi gol pembukaan.

Kemasukan satu gol membuat Alaves semakin agresif, mereka berteriak meminta penalti saat bola terlihat mengenai lengan Luka Modric pada menit ke-56. Namun wasit tidak mengabulkan permohonan mereka.

Alaves kemudian benar-benar mendapat hadiah penalti pada menit ke-63 akibat sikut Ramos yang menghantam wajah Joselu. Perez yang bertindak sebagai algojo sukses mengonversi peluang itu menjadi gol penyama kedudukan.

Skor imbang tidak bertahan lama. Pada menit ke-63 umpan silang Modric dari sisi kanan ditepis Pacheco ke tiang gawang, bola mengenai tiang gawang dan langsung disambar oleh Dani Carvajal.

Setelah gol tersebut, permainan sempat dihentikan beberapa saat karena wasit harus membetulkan peralatannya di tepi lapangan.

Menjelang pertandingan usai, Alaves memiliki tiga peluang bagus untuk menyamakan kedudukan. Pertama melalui sundulan Duarte yang melambung dari tendangan sudut Vidal, kedua melalui tembakan Perez yang diblok Marcelo, dan melalui sundulan Manu Garcia yang masih dapat ditahan kiper Areola.

Wasit memberikan waktu tambahan selama delapan menit untuk mengompensasi masalah yang sempat menimpanya pada awal babak kedua. Pada masa tersebut, Real memiliki satu peluang emas saat kiper Pacheco mengoperkan bola lurus kepada Valverde di tepi kotak penalti, namun setelah bergerak masuk sang pemain pengganti hanya mampu melepaskan sepakan melebar. (OL-4)

Susunan pemain:

Deportivo Alaves (4-4-2): Fernando Pacheco, Martin Aguirregabiria, Victor Laguardia, Ximo Navarro, Ruben Duarte, Aleix Vidal, Tomas Pina (Pere Pons 76"), Mubarak Wakaso (Manu Garcia 82"), Luis Rioja (Oliver Burke 60"), Lucas Perez, Joselu

Real Madrid (4-3-3): Alphonse Areola, Dani Carvajal, Eder Militao, Sergio Ramos, Marcelo, Luka Modric (Federico Valverde 80"), Casemiro, Toni Kroos, Gareth Bale (Rodrygo 67"), Karim Benzema, Isco (Ferland Mendy 90")

BERITA TERKAIT