01 December 2019, 02:00 WIB

Nova Dewi: Gaya Hidup Milenial


Bus/M-4 | Weekend

MI/SUMARYANTO BRONTO
 MI/SUMARYANTO BRONTO
Nova Dewi Setiabudi

UMUMNYA jamu kurang dikenal di kalangan anak muda, tetapi di Kedai Suwe Ora Jamu, minuman jamu bisa menjadi favorit anak-anak muda. Adalah Nova Dewi Setiabudi pendiri Kedai Suwe Ora Jamu. Meskipun ia merupakan lulusan salah satu univeritas luar negeri, ia tidak malu untuk berjualan jamu.

Berangkat dari pemikiran bahwa jamu ialah warisan bangsa yang harus dilestarikan, pada 2012 Nova mulai membuat konsep jamu menjadi produk minuman yang lebih modern. Suwe Ora Jamu memproduksi tiga produk utama, yaitu jamu house blend atau racikan, jamu pesanan, dan jamu yang langsung diseduh di kedai. Produk jamu pun telah disesuaikan dengan cita rasa kaum milenial menjadi tidak terlalu kental dan pahit.

“Bicara jamu sih, jamunya kita jual ada yang dari tradisional ,seperti kunyit asem dan beras kencur, tetapi dengan kemasan yang lebih anak muda, yang kekinian, yang enggak terlalu seperti minum jamu banget gitu. Rasanya juga telah disesuaikan dengan rasa yang tidak terlalu strong atau tidak terlalu pekat sehingga masih bisa masuk ke taste-nya anak-anak milenial,” terang Nova.

Melalui kedai jamunya, Nova ingin sedikit demi sedikit mengedukasi generasi muda untuk melakukan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi bahan-bahan alami yang berguna untuk menjaga kesehatan.

“Sebenarnya kita mau ajak teman-teman generasi muda, teman-teman pencinta jamu, milenial, ataupun ekspatriat yang tinggal di Jakarta, dan tamu-tamu mancanegara, kalau mau mencoba jamu itu kita bereksperimen dengan rasa. Belajar lagi tentang khasiat, belajar lagi tentang asal-usul.” Lanjut Nova.

Seluruh produk jamu yang ia jual diolah secara handmade oleh para acaraki (sebutan untuk peracik jamu) di Kedai Suwe Ora Jamu.

Nova juga memiliki cara lain untuk melestarikan jamu, salah satunya dengan mengadakan edukasi membuat jamu melalui kelas-kelas khusus. Selain itu, Nova juga membuat video tutorial yang dapat diakses melalui media sosial. Kini Suwe Ora Jamu mampu berkembang dengan membuka tiga kedai jamu di Jakarta dan telah mendistribusikan produknya ke Surabaya hingga Bali. Melalui konsep tersebut, Nova berharap jamu dapat menjadi gaya hidup yang dekat dengan anak muda. (Bus/M-4)

BERITA TERKAIT